Penerapan metode struktural analitik sintetik untuk meningkatkan keterampilan membaca menulis permulaai pada siswa kelas II SDN Penanggungan Kota Malang / Ery Ervyna Vadia Frinda - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode struktural analitik sintetik untuk meningkatkan keterampilan membaca menulis permulaai pada siswa kelas II SDN Penanggungan Kota Malang / Ery Ervyna Vadia Frinda

Frinda, Ery Ervyna Vadia (2015) Penerapan metode struktural analitik sintetik untuk meningkatkan keterampilan membaca menulis permulaai pada siswa kelas II SDN Penanggungan Kota Malang / Ery Ervyna Vadia Frinda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Frinda Ery Ervyna Vadia.2015.Penerapan Metode Struktural Analitik Sintetik untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Menulis Permulaan Pada Siswa Kelas II SDN Penanggungan Kota Malang. Skripsi. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Rumidjan M.Pd.(II) Muh. Arafik S.Pd. M.Pd. Kata Kunci metode struktural analitik sintetik keterampilan membaca menulis permulaan SD Pembelajaran membaca dan menulis permulaan (MMP) merupakan sajian utama untuk siswa kelas I-II di sekolah dasar. Kenyataannya pembelajaran MMP di SDN Penanggungan Malang kelas II masih mengalami kendala. Hasil observasi menunjukkan bahwa 15 siswa (50%) memperoleh nilai dibawah nilai rata-rata kelas dalam pembelajaran MMP. Berdasarkan hasil wawancara metode SAS belum pernah digunakan dalam pembelajaran MMP untuk itu peneliti menawarkan penerapan metode SAS untuk meningkatkan keterampilan MMP pada siswa kelas II SDN Penanggungan Kota Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode SAS pada pembelajaran keterampilan MMP di kelas II SDN Penanggungan Malang. Mendeskripsikan peningkatan hasil pembelajaran MMP melalui penerapan metode SAS pada siswa kelas II SDN Penanggungan Kota Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SDN Penanggungan Malang sejumlah 30 siswa. PTK ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan pelaksanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah hasil tes keterampilan MMP. Kegiatan penelitian diawali dengan menunjukkan tulisan bergambar kepada siswa lalu membaca tulisan dengan nyaring.Siswa diminta untuk membaca di depan kelas sebagai tes keterampilan membaca. Selanjutnya siswa diberi contoh menulis menggunakan huruf tegak bersambung kemudian guru melakukan dikte sebagai tes ketrampilan menulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode SAS meningkatkan aktivitas siswa dan guru. Peningkatan nilai rata-rata membaca yang diperoleh saat observasi sampai siklus I sebanyak sebanyak 3 05 angka. Pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 11 67 angka. Perolehan nilai rata-rata kelas menulis permulaan dari kegiatan observasi sampai pada siklus I mengalami peningkatan sebanyak 3 5 angka lalu sampai siklus II mengalami peningkatan sebanyak 12 5 angka. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode SAS dapat meningkatkan keterampilan MMP siswa kelas II SDN Penanggungan Kota Malang. Saran bagi guru metode SAS dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan MMP pada siswa kelas II dalam kondisi tertentu.Saran bagi sekolah agar memperkaya media tulisan bergambar untuk menunjang pembelajaran MMP.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6095

Actions (login required)

View Item View Item