Pengaruh model pembelajaran Stand dan Cooperative Script terhadap hasil belajar Kognitif Sains biologi, sikap sosial, serta retensi siswa SMP kota Samarinda / Abraham Kolow - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran Stand dan Cooperative Script terhadap hasil belajar Kognitif Sains biologi, sikap sosial, serta retensi siswa SMP kota Samarinda / Abraham Kolow

Abraham (2012) Pengaruh model pembelajaran Stand dan Cooperative Script terhadap hasil belajar Kognitif Sains biologi, sikap sosial, serta retensi siswa SMP kota Samarinda / Abraham Kolow. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD) Cooperative Script Hasil Belajar Kognitif Sains Biologi Sikap Sosial Retensi Hasil Belajar Kognitif Biologi. Indonesia sebagai salah satu negara ingin maju dalam bidang IPTEK telah menitik beratkan pada penguasaan pendidikan. Hal ini mendorong berkembangnya pembelajaran dan berbagai macam komponen pendidikan. Fakta di lapangan masih banyak pembelajaran biologi yang berpusat pada guru karena guru belum memberdayakan potensi siswa. Akibatnya hasil belajar siswa masih rendah selain itu peningkatan hasil belajar dilihat juga melalui retensi hasil belajar dan sikap sosial. Dibutuhkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan dan memberdayakan potensi siswa. Model yang dimaksud adalah model pembelajaran kooperatif STAD dan cooperative script dimana siswa dapat bekerjasama dan saling bertukar pikiran pendapat dan menjadi tutor sebaya dalam pembelajaran dikelompok masing-masing. Integrasi kedua model pembelajaran juga memiliki keunggulan dalam meningkatkan hasil belajar sikap sosial serta retensi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh model pembelajaran STAD terhadap hasil belajar kognitif sains biologi sikap sosial serta retensi hasil belajar kognitif siswa SMP di Samarinda (2) pengaruh model pembelajaran cooperative script terhadap hasil belajar kognitif sains biologi sikap sosial serta retensi hasil belajar kognitif siswa SMP di Samarinda dan (3) pengaruh model pembelajaran STAD cooperative script terhadap hasil belajar kognitif sains biologi sikap sosial serta retensi hasil belajar kognitif siswa SMP di Samarinda. Penelitian ini termasuk quasi eksperiment dengan rancangan Pretest-Postest Non Equivalent Control Group Design yang terdiri dari 3 variabel bebas dan 3 variabel terikat. Variabel bebas pada penelitian ini antara lain model pembelajaran STAD cooperative script dan STAD cooperative script. Variabel terikat meliputi hasil belajar kognitif sikap sosial serta retensi siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2011/2012 pada tingkat SMP Negeri 2 5 6 7. Penerapan ketiga metode pada empat sekolah adalah sebagai berikut SMPN 5 konvensional SMPN 7 STAD SMPN 6 cooperative Script SMPN 2 STAD cooperative Script. Pengumpulan data menggunakan tes tertulis untuk mengukur hasil belajar kognitif dan retensi hasil belajar kognitif sedangkan sikap sosial siswa menggunakan rubrik. Data dianalisis menggunakan statistik anakova dengan bantuan program SPSS 16.0 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif terhadap hasil belajar kognitif ada pengaruh model pembelajaran kooperatif terhadap sikap sosial siswa dan ada pengaruh model ii pembelajaran kooperatif terhadap retensi hasil belajar siswa. Hasil uji lanjut menunjukkan bahwa rata-rata skor tertinggi hingga ke rendah terlihat pada model pembelajaran integrasi STAD cooperative script dengan rata-rata skor 72 67 model STAD dengan rata-rata skor 70 55 model cooperative script dengan rata-rata skor 62 21 dan konvensional sebesar 61 61. Berdasarkan perbedaan notasi model integrasi STAD cooperative script berbeda nyata dan lebih tinggi 16 81% dari model cooperative script dan 17 95% dari konvensional selanjutnya model STAD berbeda nyata dan lebih tinggi 13 40% dari model cooperative script dan 13 51% dari konvensional. Hasil uji lanjut menunjukkan bahwa rata-rata skor tertinggi hingga ke rendah terlihat pada model pembelajaran integrasi STAD cooperative script dengan rata-rata skor 86 47 model cooperative script dengan rata-rata skor 81 54 dan model STAD dengan rata-rata skor 78 37. Berdasarkan perbedaan notasi model integrasi STAD cooperative script berbeda dan lebih tinggi 6 04% dari model cooperative script dan 10 33 dari model STAD. Hasil uji lanjut menunjukkan bahwa rata-rata skor tertinggi hingga ke rendah terlihat pada model pembelajaran integrasi STAD cooperative script dengan rata-rata skor 53 44 model STAD dengan rata-rata skor 49 47 model cooperative script dengan rata-rata skor sebesar 44 84 dan konvensional dengan rata-rata skor sebesar 43 14. Berdasarkan perbedaan notasi model integrasi STAD cooperative script berbeda dan lebih tinggi 8 02% dari model STAD 19 17% dari model cooperative script dan 23 87% dari konvensional selanjutnya model STAD lebih tinggi 10 32% dari model cooperative script dan 14 67% dari model konvensional. Atas dasar hasil penelitian direkomendasikan penggunaan model STAD dan cooperative Script untuk memberdayakan hasil belajar kognitif siswa sikap sosial dan retensi hasil belajar kognitif siswa. Khusus untuk guru sains biologi SMP Samarinda hendaknya mengimplementasikan model kooperatif STAD dan cooperative Script pada pembelajaran karena terbukti dapat meningkatkan kemampuan hasil belajar kognitif sains biologi sikap sosial serta retensi hasil belajar kognitif siswa. Khusus untuk siswa dalam belajar perlu membiasakan diri untuk dapat bekerja sama sehingga dapat menumbuhkan sikap sosial dengan lingkungan sekitar serta membiasakan diri untuk berpikiran kreatif sehingga dapat membuat rangkuman dari sebuah topik pembelajaran sehingga dapat memberikan hasil belajar yang tinggi serta retensi yang kuat. Kepada pemerintah Kota Samarinda untuk selalu melakukan pelatihan-pelatihan pembelajaran kooperatif kepada guru-guru sains Biologi maupun bidang studi lain sehingga ada peningkatan mutu pendidikan di Samarinda. Bagi peneliti lain perlu dilakukan penelitian lebih lanjut yang mengintegrasikan model-model pembelajaran kooperatif pada tingkat pendidikan yang lebih tinggi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Oct 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60945

Actions (login required)

View Item View Item