Ardianto, Tri (2015) Penerapan model pembelajaran think pair share untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa tema 2 kelas IVA SDN Kebonsari 2 Kecamatan Sukun Kota Malang tahun 2014-2015 / Tri Ardianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i ABSTRAK Ardianto Tri. 2015. Penerapan model Pembelajaran Think Pair Share untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar Siswa Tema 2 Sub Tema 2 Kelas IVA SDN Kebonsari 2 Kecamatan Sukun Kota Malang Tahun 2014-2015. Skripsi. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Program Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sa 8223 dun Akbar M.Pd (II) Drs. Sutarno M.Pd Kata Kunci Think Pair Share Aktivitas dan Hasil Belajar Tematik Permasalahan yang sering dihadapi oleh guru adalah rendahnya aktivitas belajar siswa sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Salah satu permasalahan yang dihadapi Kelas IVA SDN Kebonsari 2 adalah rendahnya aktivitas siswa. Kisaran nilai rata-rata materi Energi Alternatif 8223 sebesar 62 dan materi KPK sebesar 53. Untuk ketuntasan klasikalnya kedua muatan tersebut juga masih di bawah 60%. Berangkat dari permasalah tersebut peneliti sekaligus guru kelas IVA merasa perlu melakukan penelitian tindakan kelas (classroom action research) dalam rangka memperbaiki kondisi pembelajaran yang dirasakan kurang efektif karena pembelajaran konvensional yang selama ini dipakai diajarkan maka perlu adanya pendekatan pembelajaran yang tepat. Adapun pendekatan yang akan dipakai adalah pendekatan pembelajaran kooperatif. Jenis pembelajaran kooperatif yang akan dipilih dalam mengatasi masalah tersebut adalah model pembelajaran TPS atau Think Pair Share. Penggunaan model pembelajaran Think Pair Share dijadikan rasional dalam sebuah penelitian tindakan kelas atau Classroom Action Research. Adapun tujuan dari PTK ini adalah 1) Mendeskripsikan penerapan model Pembelajaran Think Pair Share 2)Mendeskripsikan peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar siswa usai penerapan model pembelajaran Think Pair Share pada Tema 2 Sub Tema. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis pendekatan penelitian kualitatif dengan rancangan penelitian yang berjenis penelitian tindakan kelas (PTK). Model PTK yang digunakan diadaptasi dari model Kemmis And McTaggart. PTK dilaksanakan dengan dua siklus setiap siklusnya dilaksanakan beberapa tahapan meliputi 1) Perencanaan 2) Pelaksanan 3) Observasi dan 4) Refleksi. Setiap tahapan pada Siklus I berulang pada Siklus II hingga menemukan hasil yang diharapkan. Pengaruh dari Penelitian ini adalah peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa. Presentase aktivitas belajar siswa siklus I pertemuan 1 adalah 50% meningkat menjadi 66 7% kemudian pada siklus II pertemuan 1 besarnya keaktifan siswa sebesar 73 1% menjadi 91 7%. Untuk hasil siswa pada penelitian siklus I pada muatan IPA sebesar 62 9 % dan siklus II pada muatan IPA sebesar 80% atau mengalami peningkatan sebesar 17 1%. Sedangkan hasil belajar siswa pada muatan Matematika siklus I sebesar 57 1% dan siklus II sebesar 82 9%. atau mengalami peningkatan sebesar 15 8%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Aug 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6093 |
Actions (login required)
View Item |