Permata, Maulia Indra (2015) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe stad untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada pelajaran IPS kelas III SDN Pakijangan 01 Kecamatan Wonorejo Kabupaten Pasuruan / Maulia Indra Permata. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Permata Maulia Indra. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Pada Pelajaran IPS Kelas III SDN Pakijangan 01 Kecamatan Wonorejo Kabupaten Pasuruan. Skripsi Program Studi S1 PGSD Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Imam Nawawi M.Si (II) Dra. Nihayati S.Pd M.Pd Kata Kunci Penerapan Pembelajaran Metode STAD Aktivitas Hasil Belajar IPS SD Berdasarkan pengamatan awal yang dilakukan peneliti terhadap pembelajaran IPS di kelas III SDN Pakijangan 01 Kecamatan Wonorejo Kabupaten Pasuruan dalam pembelajaran IPS banyak siswa yang melakukan aktivitas sendiri dan tidak memperhatikan guru sehingga hasil belajar mereka kurang dari 70. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar dengan menerapkan model pembelajaran yang berbeda. Metode dari penelitian ini yaitu kualitatif jenis pendekatan penelitiannya adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas atau PTK yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SDN Pakijangan 01 Kecamatan Wonorejo Kabupaten Pasuruan. Berdasarkan hasil penelitian siswa dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan setelah penelitian dilaksanakan pada siklus I dan siklus II aktivitas dari siklus I 36% pada siklus II meningkat menjadi 71% dan hasil belajar pada siklus I 46% tuntas pada siklus II meningkat menjadi 75% yang tuntas pelajaran IPS. Hasil penelitian membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD cocok untuk diterapkan sesuai dengan pendapat Slavin (dalam Rusman 2011 214) yang menyatakan gagasan utama dibelakang STAD adalah memacu siswa agar saling mendorong dan membantu satu sama lain untuk menguasai keterampilan yang diajarkan guru . Faktor yang mendukung keberhasilan penelitian yaitu siswa kelas III dapat menerima penerapan model pembelajaran tipe STAD dengan baik. Kesimpulannya adalah dengan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar pada pelajaran IPS dari siklus I dan siklus II melalui penerapan model pembelajaran tipe STAD menjadikan peningkatan tersebut sebagai keunggulan model pembelajaran STAD sehingga disarankan untuk sekolah dan guru yang lain dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran lain maupun diterapkan kelas lainnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Aug 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6092 |
Actions (login required)
View Item |