Rachmawati, Pratiwi Eka (2015) Pengembangan modul pembelajaran subtema bermain di lingkungan rumah kelas II SDN Bandungrejosari 3 Malang tahun pelajaran 2014/2015 / Pratiwi Eka Rachmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Rachmawati Pratiwi Eka. 2015. Pengembangan Modul Pembelajaran Subtema Bermain di Lingkungan Rumah Kelas II SDN Bandungrejosari 3 Malang Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Suharjo M.S M.A. (II) Dra. Sudarsini M.Pd Kata Kunci Modul Pembelajaran Subtema Bermain di Lingkungan Rumah Kelas II SD Modul Pembelajaran Subtema Bermain di Lingkungan Rumah dikembangkan dan digunakan dalam pembelajaran remidial.Guru belum pernah melakukan remidial karena keterbatasan waktu yang ada sedangkan pada panduan praktis kurikulum 2013 diadakan progam remidial yang di tujukan pada siswa yang mendapatkan nilai di bawah KKM atau belum tuntas. KKM yang di patok oleh sekolah yaitu 75 dan beberapa siswa mendapatkan nilai di bawah KKM. Oleh karena itu perlu adanya pengembangan bahan ajar sebagai alternatif yang dapat memberikan siswa untuk belajar mandiri yaitu dengan menggunakan modul. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan modul pembelajaran yang valid dan efektif. Uji coba modul dilaksanakan di SDN Bandungrejosari 3 Malang dengan subjek uji coba 10 siswa. Pengembangan modul pembelajaran ini mengacu pada model pengembangan dari Borg dan Gall. Langkah-langkah yang dilakukan antara lain 1) analisis kebutuhan (2) perencanaan (3) pengembangan draf produk (4) uji coba ahli (5) merevisi produk berdasarkan hasil uji coba ahli (6) uji coba lapangan dalam skala kecil yaitu 3 siswa (7) Penyempurnaan produk berdasarkan uji coba lapangan (8) Uji pelaksanaan lapangan dengan skala yang lebih besar yaitu dengan jumlah 10 siswa kelas II (9) Penyempurnaan produk akhir (10) Diseminasi. Dalam penelitian dan pengembangan ini menggunakan instrumen pengumpulan data melalui angket untuk memperoleh hasil kevalidan dan tes untuk memperoleh hasil keefektifan modul. Berdasarkan analisis data hasil validasi ahli dapat disimpulkan bahwa Modul Pembelajaran Subtema Bermain di Lingkungan Rumah valid digunakan dalam pembelajaran remidial dengan perolehan skor prsentase dari ahli modul 97 5% ahli materi 95 8% dan uji lapangan pengguna dari guru kelas 98 6%. Modul Pembelajaran Subtema Bermain di Lingkungan Rumah efektif digunakan dalam pembelajaran remidial dengan perolehan skor prsentase kepraktisan 96 5% dan keefektifan 93%. Oleh karena itu produk modul pembelajaran valid untuk digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran remidial.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Aug 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6090 |
Actions (login required)
View Item |