Agustin, Rizky Vina (2015) Pengembangan modul pembelajaran IPS tentang konsep globalisasi kelas VI semester 2 berbasis problem solving / Rizky Vina Agustin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Agustin R. V. 2015. PengembanganModulPembelajaran IPS tentangKonsepGlobalisasiKelas VI Semester 2 Berbasis Problem Solving.Skripsi JurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolah FakultasIlmuPendidikan UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dra. HartiKartini M.Pd (II) Drs. M. ImronRosyadi SY S.Pd M.Pd. Kata Kunci IPS SD globalisasi model 4-D modulpembelajaran Hasilpengamatan bahwapelaksanaanpembelajaran IPS dilaksanakandenganmenggunakan LKS yang kuranglengkap.dan guru merasakesulitanuntukmemperolehbahanpelajarantemaglobalisasi.Olehkarenaitu perludikembangkanmedia berupamodulpembelajaransebagaivariasisumberbelajar yang digunakansaatpembelajaran IPS di kelas VIterutamapadakonsepglobalisasi.Moduldipilihkarenamemilikikeuntungandiantaranyasiswadapatbelajardenganmandiridandisiplin sertalebihpraktiskarenamateritelahdisusunsecarasistematis.Tujuanpenelitianpengembanganiniuntukmenghasilkanmodulpembelajaran IPS konsepglobalisasi di kelas VI yang efektif efisien danmenarik. Model pengembangan yang digunakandalampengembanganiniyaitu model pengembangan 4-D milikThiagarajan.Namundalampengembanganinihanyasampaipadatahapdevelopsajatanpamelaluitahapdisseminate.Jadi dalampenelitianpengembanganinihanyadilaksanakantigatahapanyaitudefine design dandevelop. ModulhasilpengembanganberupaDraf I iniselanjutnyadivalidasiolehsatu orang dosen IPS SD sebagaiahlimateri satu orang dosen media pembelajaransebagaiahli media dansatudosenBahasa Indonesia sebagaiahlibahasa.Setelahdivalidasi moduldiujicobadalamduatahap.Tahappertama ujiperorangandengansubjekuji 3 siswauntukmenilaiketerbacaanmoduldankesalahanpengetikan.Tahapkedua ujicobakelompokkecildengansubjekujisebanyak 10 siswakelasuntukmenilaikemenarikanmodulbagisiswakelas VI SD. Hasil validasi yang dilakukan oleh para ahli diperoleh angka 91 21% dari ahli materi 78 37% dari ahli media dan 69 44% dari ahli bahasa. Dari hasil persentase tersebut maka modul yang dikembangkan bisa diujicobakan dengan revisi. Untukmenilaikemenarikanmoduldigunakanpenilaianangketsiswa yang diberikankepadaseluruhsubjekujicoba.Hasildaripenilaianangketsiswadiperolehbahwarata-rata persentasehasilujicoba kelompok kecilmenunjukkanangka 84 37%. Subjekujicobamenilaimodulpembelajaran IPS konsepglobalisasisudahcukupmenarikdandapatdigunakan Kajianmodulpembelajaranhasilrevisiterdiridari 5 bagianyaitu (1) Bagian I PetunjukPenggunaan (2) Bagian II MateriPembelajaran (3) Bagian III LembarKerjaSiswa (4) Bagian IV LembarPenilaian (5) Bagian V KunciJawaban. Saran pemanfaatanmodul yang dikembangkansebaiknyamenggunakansumberlain yang relevanuntukmendukungtercapainyaindikatordalammodul. Karenasiswa masih belum bisa menggunakan modul secara mandiri sebaiknya guru membantu siswa jika mengalami kesulitan dalam pembelajaran menggunakan modul.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Aug 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6089 |
Actions (login required)
View Item |