Problematika pembelajaran menulis puisi di kelas IV sekolah dasar se gugus I dan VII Kecamatan Blimbing Kota Malang / Nanang Kurniawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Problematika pembelajaran menulis puisi di kelas IV sekolah dasar se gugus I dan VII Kecamatan Blimbing Kota Malang / Nanang Kurniawan

Kurniawan, Nanang (2015) Problematika pembelajaran menulis puisi di kelas IV sekolah dasar se gugus I dan VII Kecamatan Blimbing Kota Malang / Nanang Kurniawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Nanang. 2015. Problematika Pembelajaran Menulis Puisi Di Kelas IV Sekolah Dasar Se Gugus I Dan VII Kecamatan Blimbing Kota Malang. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.Pembimbing (I) Dr. Muhana Gipayana M.Pd (II) Drs. Rumidjan M.Pd Kata kunci Problematika Pembelajaran Menulis Puisi Pembelajaran puisi di sebagian besar sekolah hanya terjadi dalam ruang yang diapit dinding kelas. Hasilnya daya imajinasi dan kreasi siswa kurang berkembang optimal. Manfaat penelitian ini adalah dapat mengetahui problematika pembelajaran menulis puisi di kelas IV Sekolah Dasar Se Wilayah Gugus I dan Gugus VII Kecamatan Blimbing Kota Malang. Instrumen Penelitian digunakan untuk mengukur keseluruhan aspek yang berkenaan dengan tujuan penelitian yang meliputi a. Segi penguasaan materi menulis puisi b. Penyusunan Rencana Pembelajaran Menulis Puisi c. Proses pembelajaran menulis puisi. Adapun instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket (kuesioner dan wawancara). Populasi penelitian ini sebanyak 9 gugus (51 orang guru) dan diambil sampel sebanyak 2 gugus (20 orang guru). Pengambilan sampel berdasarkan dari 20% dari jumlah populasi. Angket disebarkan kepada sejumlah 20 guru se gugus I dan gugus VII sebagai sampel penelitian. Penelitian dilakukan pada bulan Juni di semester Genap Tahun Ajaran 2014-2015. Hasil penelitian terhadap guru sekolah dasar gugus I dan VII Kecamatan Blimbing Kota Malang menunjukkan bahwa beberapa materi yang masih belum dikuasai oleh diantaranya yaitu diksi kata konkret bait dalam puisi modern serta aturan yang terdapat pada pusi modern. Materi yang masih belum dilaksanakan dan dicantumkan dalam RPP oleh guru diantaranya yaitu pencantuman soal evaluasi dan kunci jawaban pencantuman tindak lanjut pencantuman lembar pengamatan siswa pencantuman rangkuman materi serta pencantuman LK. Materi yang masih belum dilaksanakan oleh diantaranya yaitu eksplorasi materi menulis puisi menciptakan suasana belajar yang menyenangkan serta menggunakan media yang bervariasi dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh tiga kesimpulan hasil penelitian yaitu (1) sebagian besar guru kelas IV se gugus I dan gugus VII kurang memahami subtansi materi tentang puisi (2) sebagian besar guru kelas IV se gugus I dan gugus VII tidak menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran secara sempurna (3) sebagian besar guru kelas IV se gugus I dan gugus VII tidak melaksanakan pembelajaran menulis puisi secara terorganisasi. Disarankan kepada guru-guru sekolah dasar agar menguasai materi-materi yang akan diberikan kepada siswa menyusun sendiri rencana pelaksanaan pembelajaran serta menggunakan media dan metode yang bervariasi agar siswa tidak merasa bosan dan merasa menyenangkan dengan pembelajaran yang dilakukan oleh guru. ii ABSTRACT Nanang. 2015. Problematika Pembelajaran Menulis Puisi Di Kelas IV Sekolah Dasar Se Gugus I Dan VII Kecamatan Blimbing Kota Malang. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.Pembimbing (I) Dr. Muhana Gipayana M.Pd (II) Drs. Rumidjan M.Pd Keywords Problems Learning Writing Poetry Learning poetry in most schools only occurs in a space flanked by walls. As a result the power of imagination and creativity of students is less developed optimally. The benefits of this research are able to know the problems of learning to write poetry in grade IV Elementary School Se Regional Cluster I and Cluster VII Blimbing district of Malang. The research instrument used to measure all aspects relating to the research objectives include a. In terms of mastery of writing poetry b. Preparation of Lesson Plan Writing Poetry c. The process of learning to write poetry. The instrument used in this study was a questionnaire (questionnaire and interview). This study population as much as 9 groups (51 teachers) and taken a sample of 2 groups (20 teachers). Sampling was based on 20% of the total population. Questionnaires distributed to some 20 teachers throughout the group I and group VII as the study sample. The study was conducted in June in even semester Academic Year 2014-2015. The study of primary school teachers group I and VII Blimbing district Malang shows that some of the material that is still controlled by them namely diction concrete words the temple of modern poetry as well as the rules contained in modern poetry. The material is still not implemented and included in the RPP by teachers such as the inclusion of key evaluation questions and answers the inclusion of follow-up the inclusion of student observation sheet the inclusion of a summary of the material as well as the inclusion of LK. The material is still not implemented by them namely exploration of material to write a poem create fun learning environment and using varied media in the learning process. Based on the results of the data analysis the results obtained three conclusions (1) most of the fourth grade teachers throughout the group I and group VII do not understand the substance of the material of poetry (2) the majority of the fourth grade teachers throughout the group I and group VII do not plan implementation of learning perfectly (3) the majority of the fourth grade teachers throughout the group I and group VII does not carry out an organized way of learning to write poetry. It is suggested to elementary school teachers in order to master the material that will be given to students developing their own lesson plan as well as using the media and methods are varied so that students do not get bored and feel fun with learning undertaken by teachers.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6088

Actions (login required)

View Item View Item