Sari, Eva Keni Puspita (2015) Penggunaan model Van Hiele untuk meningkatkan hasil belajar sifat bangun datar kelas III SDN Bandungrejosari 1 Malang / Eva Keni Puspita Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Sari Eva Keni Puspita. 2015. Penggunaan Model Van Hiele untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sifat Bangun Datar Kelas III SDN Bandungrejosari 1 Malang Jurusan KSDP UM. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sri Harmini S.Pd M.Pd (II) Drs. Usep Kustiawan M.Sn. Kata kunci Model Van Hiele hasil belajar bangun datar SD. Pembelajaran matematika bertujuan siswa diharapkan mampu melaksanakan pembelajaran matematika dengan baik melibatkan siswa secara aktif baik segi mental maupun fisik dengan berdasarkan pengalaman sesuai dengan pembelajaran kontekstual yang mengkaitkan materi dengan dunia nyata dan melibatkan keaktifan siswa. Namun dalam kenyataannya banyak media pembelajaran yang kurang sesuai untuk kompetensi dasar mengidentifikasi bangun datar sederhana menurut sifat dan unsurnya guru hanya menerangkan dengan metode ceramah dan menggambar tidak menggunakan alat bantu gambar serta pembelajaran yang tidak konstruktivis dari siswa sehingga kurang tepat sasaran untuk mencapai tujuan pembelajaran matematika siswa terlihat belum paham dan mengerti ditunjukkan dengan sikap siswa yang belum siap terlihat dari siswa yang masih asyik makan tidak antusias mengobrol dengan teman. Salah satu solusi yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar materi bangun datar yaitu dapat melalui model pembelajaran Van Hiele. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas siswa saat menggunakan model Van Hiele di SD dan hasil belajar siswa setelah menggunakan model Van Hiele. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini kelas III SDN Bandungrejosari 1 Malang pada penggunaan model Van Hiele pada sifat bangun datar sederhana. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi tes dan catatan lapangan. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa penggunaan model Van Hiele di kelas III berjalan lancar terjadi peningkatan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Pada siklus I prosentase rata-rata ketuntasan nilai kerja kelompok 41 5 %. Rata-rata ketuntasan nilai individu siswa dari hasil rata-rata nilai individu pada pertemuan 1 dan 2 dengan prosentase rata-rata 40 8%. Pada siklus II prosentase rata-rata ketuntasan nilai kerja kelompok 73 2 %. Rata-rata ketuntasan nilai individu siswa dengan prosentase ketuntasan 73 2%. Siklus III prosentase rata-rata ketuntasan nilai kerja kelompok 80 5 %. Rata-rata ketuntasan nilai individu siswa dengan prosentase ketuntasan 87 8%. Dampak penelitian ini agar siswa lebih teliti dan menguasai konsep materi sifat bangun datar sederhana. Guru hendaknya melakukan pembelajaran dengan berbagai model yang variatif agar semangat belajar siswa meningkat. Semua pihak yang berhubungan dengan pendidikan lebih memperhatikan segala aspek model pembelajaran Van Hiele sehingga nantinya dapat memajukan dunia pendidikan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Aug 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6085 |
Actions (login required)
View Item |