Pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran dan buku siswa dengan pendekatan kontekstual pada tema ekosistem untuk siswa kelas X SDN Madyopuro 3 Kota Malang / Cinderima Karina - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran dan buku siswa dengan pendekatan kontekstual pada tema ekosistem untuk siswa kelas X SDN Madyopuro 3 Kota Malang / Cinderima Karina

Karina, Cinderima (2015) Pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran dan buku siswa dengan pendekatan kontekstual pada tema ekosistem untuk siswa kelas X SDN Madyopuro 3 Kota Malang / Cinderima Karina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Karina Cinderima. 2015. Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan Buku Siswa dengan Pendekatan Kontekstual pada Tema Ekosistem untuk Siswa Kelas V SDN Madyopuro 3 Kota Malang . Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. I Made Suardana S.Pd. M.Pd (2) Drs. Toha Mashudi S.Pd. M.Pd. Kata kunci Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Buku Siswa Pendekatan Kontekstual Tema Ekosistem Sekolah Dasar. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilaksanakan di kelas V SDN Madyopuro 3 Kota Malang tentang persiapan alat dan bahan untuk pembelajaran kurikulum 2013 ditemukan bahwa guru dalam membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) hanya menyalin pemetaan Kompetensi Dasar (KD) dan indikator yang ada pada buku guru terbitan kemendikbud. Padahal untuk membelajarkan siswa seharusnya guru memodifikasi RPP sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan siswa. Buku siswa yang digunakan guru untuk mengajar juga belum mampu memfasilitasi siswa dalam mengkontruksi pengetahuannya karena materi untuk tema ekosistem yang disajikan tidak sesuai dengan konteks kehidupan lingkungan nyata sehari-hari siswa. Maka dari itu dikembangkan RPP dan buku siswa dengan pendekatan kontekstual. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah (1) menghasilkan RPP dan buku siswa yang valid menurut ahli materi (2) menghasilkan RPP dan buku siswa yang valid menurut ahli teknologi pembelajaran (3) menguji tingkat keterlaksanaan RPP dan buku siswa yang valid menurut guru (4) menguji tingkat keefektifan RPP dan buku siswa yang valid berdasarkan hasil belajar siswa (5) menguji tingkat keefektifan RPP dan buku siswa yang valid berdasarkan aktivitas siswa (6) menguji tingkat keefektifan RPP dan buku siswa yang valid menurut respon siswa dan (7) menguji tingkat keefektifan RPP dan buku siswa yang valid menurut respon guru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan yang diawali dengan survei kondisi lapangan terhadap kebutuhan alat dan bahan untuk pembelajaran kemudian dilakukan pengembangan RPP dan buku siswa dengan pendekatan kontekstual pada tema ekosistem untuk siswa kelas V dengan menggunakan model Borg Gall. Produk yang dikembangkan berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan buku siswa dengan pendekatan kontekstual yang terdiri dari 3 pembelajaran pada tema ekosistem subtema hubungan makhluk hidup dalam ekosistem. Hasil penelitian ini adalah (1) tingkat kevalidan RPP dan buku siswa dari validasi ahli materi mencapai 84 7% dengan kriteria sangat valid (2) tingkat kevalidan RPP dan buku siswa dari validasi ahli teknologi pembelajaran (TEP) mencapai 95 1% dengan kriteria sangat valid (3) tingkat keterlaksanaan RPP dan buku siswa dari validasi guru mencapai 88 9% dengan kriteria sangat valid (4) tingkat keefektifan RPP dan buku siswa dari validasi guru terhadap hasil belajar siswa mencapai 90 0% dengan kriteria sangat valid (5) tingkat keefektifan RPP dan buku siswa dari validasi guru terhadap aktivitas siswa mencapai 88 3% dengan kriteria sangat valid (6) tingkat keefektifan RPP dan buku siswa dari validasi respon siswa mencapai 88 6% dengan kriteria sangat valid (7) tingkat keefektifan RPP dan buku siswa dari validasi respon guru mencapai 93 1% dengan kriteria sangat valid Kesimpulan penelitian ini adalah pengembangan RPP dan buku siswa dengan pendekatan kontekstual pada tema ekosistem dapat dikatakan layak digunakan dari segi kevalidan dari validasi ahli materi dan ahli teknologi pembelajaran (TEP) layak digunakan dari segi keterlaksanaan dari validasi guru dan layak digunakan dari segi keefektifan berdasarkan validasi dari guru terhadap hasil belajar siswa aktivitas siswa dan angket respon guru dan layak digunakan dari segi keefektifan berdasarkan validasi respon siswa. Saran pemanfaatan RPP dan buku siswa dalam pembelajaran terletak pada mempertimbangkan situasi siswa mengingat pembelajaran tematik dengan pendekatan kontekstual memerlukan banyak waktu. RPP dan buku siswa dengan pendekatan kontekstual dapat dikembangkan lebih lanjut untuk subtema atau tema lainnya di kelas V dan tetap disesuaikan dengan kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6083

Actions (login required)

View Item View Item