Pengembangan modul berbasis PBL (Problem Based Learning) dengan metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) pada materi keanekaragaman hayati untuk meningkatkan literasi sains dan sikap peduli lingkungan / Wahidah Qomariyah

Qomariyah, Wahidah (2019) Pengembangan modul berbasis PBL (Problem Based Learning) dengan metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) pada materi keanekaragaman hayati untuk meningkatkan literasi sains dan sikap peduli lingkungan / Wahidah Qomariyah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Pengembangan Modul Berbasis PBL (Problem Based Learning) dengan Metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) pada Materi Keanekaragaman Hayati untuk Meningkatkan Literasi Sains Dan Sikap Peduli Lingkungan. Tesis. Jurusan Pendidikan Biologi, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Hj. Mimien Henie Irawati Al Muhdhar, M.S. (II) Dr. Endang Suarsini, M.S. Kata Kunci: modul, PBL, SQ3R, materi keanekaragaman hayati, literasi sains, sikap peduli lingkungan Tujuan pendidikan nasional mengamanatkan agar siswa dapat mengembangkan potensi agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggungjawab. Pendidikan dituntut untuk dapat mengembangkan potensi siswa secara menyeluruh berupa aspek pengetahuan dan aspek sikap yang diperlukan untuk mengembangkan pengetahuannya. Aspek pengetahuan yang penting dikuasai oleh siswa salah satunya adalah literasi sains dimana siswa dituntut untuk memiliki kompetensi menjelaskan fenomena ilmiah, mengevaluasi dan merancang penyelidikan ilmiah serta menginterpretasikan data dan bukti ilmiah sesuai dengan standar PISA 2015. Sikap yang perlu dikembangkan sesuai dengan dengan materi keanekaragaman hayati adalah sikap peduli lingkungan dengan menggunakan pada instrument skala likert adaptasi dari HEAT (Hadhari Environtmental Attitude Test) . Literasi sains diharapkan dapat berkembang dengan baik jika siswa memiliki kemampuan membaca yang baik. Pembelajaran PBL dengan metode membaca SQ3R dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca secara efektif dan meningkatkan kemampuan siswa memahami konten bacaan untuk menyelesaikan permasalahan. Hasil wawancara dengan guru dan analisis kebutuhan pada siswa menyatakan bahwa modul diperlukan untuk mendukung pembelajaran PBL dengan metode SQ3R pada materi keanekaragaman hayati. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan modul yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap analyze (mengembangkan), design (merancang), develop (mengembangkan), Implementation (menerapkan), Evaluation (evaluasi). Hasil validasi modul oleh ahli materi 97,98%, hasil validasi oleh ahli media 87,5%, hasil validasi oleh praktisi pendidikan 91,98% dann93,96%. Hasil implementasi menyatakan bahwa modul efektif untuk meningkatkan 15 indikator literasi sains dengan kategori gain score tinggi 2 indikator, sedang 12 indikator dan rendah 1 indikator. Modul efektif untuk meningkatkan 7 aspek sikap peduli lingkungan, 2 aspek mengalami penurunan dan 1 aspek tetap. Kesimpulan secara keseluruhan modul valid, praktis dan efektif untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran biologi pada materi keanekaragaman hayati. Pembelajaran PBL-SQ3R dengan modul dapat meningkatkan rerata nilai literasi sains dan sikap peduli lingkungan pada materi keanekaragaman hayati.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Apr 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60829

Actions (login required)

View Item View Item