Pengaruh model pembelajaran Reading Practicing Questioning Summarizing and Sharing (RPQSS) terhadap keterampilan berpikir kritis, keterampilan berkomunikasi, dan retensi siswa dalam pembelajaran biologi kelas XI SMA di Kabupaten Malang / Siti Mursidah

Mursidah, Siti (2019) Pengaruh model pembelajaran Reading Practicing Questioning Summarizing and Sharing (RPQSS) terhadap keterampilan berpikir kritis, keterampilan berkomunikasi, dan retensi siswa dalam pembelajaran biologi kelas XI SMA di Kabupaten Malang / Siti Mursidah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Mursidah, Siti. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Reading Practicing Questioning Summarizing and Sharing (RPQSS) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis, Keterampilan Berkomunikasi, dan Retensi Siswa dalam Pembelajaran Biologi Kelas XI SMA di Kabupaten Malang. Tesis. Program Studi Pendidikan Biologi, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Herawati Susilo, M.Sc., Ph.D., (2) Prof. Dr. Duran Corebima Aloysius, M. Pd. Kata Kunci: keterampilan berpikir kritis, keterampilan berkomunikasi, retensi, Reading Practicing Questioning Summarizing and Sharing (RPQSS). Pendidikan di Indonesia hendaknya mampu menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki kompetensi utuh, tidak hanya kompetensi pengetahuan, namun memiliki kecakapan hidup abad 21 diantaranya keterampilan berpikir kritis dan keterampilan berkomunikasi. Kecakapan hidup yang tinggi diberdayakan disekolah untuk menjawab permasalahan dan menghadapi tantangan dunia global. Model pembelajaran yang tepat dalam proses pembelajaran mampu menumbuhkan potensi yang dimiliki oleh siswa untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis, keterampilan berkomunikasi, dan retensi siswa dalam proses pembelajaran. Model pembelajaran RPQSS merupakan model pembelajaran yang memiliki sintaks membimbing siswa untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran, siswa terlibat aktif dalam menemukan konsep dan membangun sendiri pengetahuannya sehingga mampu memberdayakan keterampilan abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Reading Practicing Questioning Summarizing and Sharing (RPQSS) terhadap keterampilan berpikir kritis, keterampilan berkomunikasi, dan retensi siswa dalam pembelajaran biologi kelas XI SMA di Kabupaten Malang. Rancangan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan rancangan pretest-posttest Nonequivalent Control Group. Variabel bebas adalah model pembelajaran (RPQSS, RQA, TPS, dan Konvensional). Variabel terikat adalah keterampilan berpikir kritis, keterampilan berkomunikasi, dan retensi. Populasi penelitian adalah keseluruhan siswa kelas XI SMA di Kabupaten Malang tahun ajaran 2018/2019. Sampel yang digunakan dalam penelitian melalui hasil placement test adalah siswa SMA Islam Kepanjen kelas XI IPA2 sebagai kelas eksperimen model TPS, XI IPA3 sebagai kelas eksperimen model RQA, dan siswa SMAN 1 Sumberpucung kelas XI IPA1 sebagai kelas Konvensional, XI IPA6 sebagai kelas eksperimen model RPQSS. Keterampilan berpikir kritis, keterampilan berkomunikasi, dan retensi diukur menggunakan rubrik dan tes essay. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen perlakuan berupa silabus, RPP, LKS, soal tes essay dan instrumen pengukuran berupa rubrik keterampilan berpikir kritis, keterampilan berkomunikasi. Instrumen tes terlebih dahulu diuji validitas dan reliabilitas. Data diambil pada saat pretest, posttest dan setelah 2 minggu setelah posttest. Data yang diperoleh dilakukan uji normalitas data dengan uji One Sample Kolmogorov-Smirnov dan uji homogenitas data dengan LeveneÔÇÖs Test. Uji hipotesis menggunakan Analisis Kovarian pada taraf signifikansi 5% (p<0,05) dan dilanjutkan dengan uji LSD. Hasil analisis data menunjukkan bahwa model pembelajaran berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis, keterampilan berkomunikasi, dan retensi siswa. Model RPQSS berpotensi paling besar dalam memberdayakan keterampilan berpikir kritis jika dibandingkan dengan ketiga model lain (RQA, TPS, dan Konvensional). Keterampilan berpikir kritis dengan model RPQSS memiliki rerata terkoreksi 97,87% lebih tinggi dibanding pembelajaran Konvensional. Model RPQSS berpotensi paling besar dalam memberdayakan keterampilan berkomunikasi jika dibandingkan dengan ketiga model lain (RQA, TPS, dan Konvensional). Keterampilan berkomunikasi dengan model RPQSS memiliki rerata terkoreksi 102,2% lebih tinggi dibanding pembelajaran Konvensional. Model RPQSS dan RQA berpotensi paling besar dalam memberdayakan retensi siswa jika dibandingkan dengan model TPS, dan Konvensional. Retensi siswa dengan model RPQSS memiliki rerata terkoreksi 40,17% lebih tinggi dibanding pembelajaran Konvensional melihat potensi dari model RPQSS tersebut disarankan agar pembelajaran dengan model ini dapat diaplikasikan di sekolah, sehingga keterampilan berpikir kritis, keterampilan berkomunikasi, dan retensi siswa dapat diberdayakan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Mar 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60821

Actions (login required)

View Item View Item