Perbedaan kemampuan siswa kelas IV menulis narasi melalui pembelajaran menggunakan gambar seri dan pembelajaran konvensional di SDN Sedarum 1 Pasuruan / Tryanto Zakariyah Faruq - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan kemampuan siswa kelas IV menulis narasi melalui pembelajaran menggunakan gambar seri dan pembelajaran konvensional di SDN Sedarum 1 Pasuruan / Tryanto Zakariyah Faruq

Faruq, Tryanto Zakariyah (2015) Perbedaan kemampuan siswa kelas IV menulis narasi melalui pembelajaran menggunakan gambar seri dan pembelajaran konvensional di SDN Sedarum 1 Pasuruan / Tryanto Zakariyah Faruq. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Faruq Tryanto Zakariyah. 2015. Perbedaan Kemampuan Siswa Kelas IV Menulis Narasi melalui Pembelajaran Menggunakan Gambar Seri dan Pembelajaran Konvensional di SDN Sedarum I Pasuruan. Skripsi Program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Ruminiati M.Si (2) Drs. Sutarno M.Pd Kata Kunci Penggunaan Gambar Seri Menulis Karangan Narasi Sekolah Dasar. Menulis merupakan salah satu komponen kemampuan berbahasa yang harus dikuasai dengan baik oleh siswa. Melalui menulis siswa dilatih untuk mengungkapkan perasaan ide serta gagasan secara tertulis. Penggunaan media gambar seri diharapkan dapat membangun imajinasi dan konsep siswa untuk menulis karangan yang lebih terarah sesuai sajian gambar. Tujuan penelitian ini yaitu untuk memaparkan ada tidaknya perbedaan kemampuan menulis karangan narasi dengan menggunakan media gambar seri dan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan siswa kelas IV dalam menulis karangan narasi di SDN Sedarum 1 Nguling Pasuruan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yang dilakukan dengan menggunakan rancangan eksperimen semu (Quasy Experimental Design). Rancangan penelitian ini menggunakan dua kelas untuk dijadikan sampel penelitian. Satu kelas sebagai kelas kontrol dan satu kelas lainnya sebagai kelas eksperimen. Kelas eksperimen dalam penelitian ini yaitu pembelajaran yang menggunakan media gambar seri (Kelas IVb) sedangkan kelas kontrol tanpa menggunakan media gambar seri (Kelas IVa). Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar untuk mengetahui hasil belajar siswa berupa kemampuan menulis karangan. Teknik analisis data yang digunakan berupa uji prasyarat analisis yang terdiri dari uji normalitas uji homogenitas dan uji hipotesis penelitian menggunakan uji t independent (one tailed). Analisis data menunjukkan bahwa rata-rata gain score kelompok eksperimen (25 00) lebih tinggi dari rata-rata gain score kelompok kontrol (15 00). Berdasarkan hasil pengujian hipotesis penelitian yang dibantu dengan program SPSS 21 for windows untuk analisis Compare Means Independent Sampel T Test dengan one tailed menunjukkan nilai thitung ttabel (1 932 1 683) yang berarti ada perbedaan kemampuan siswa kelas IV dalam menulis karangan narasi melalui pembelajaran menggunakan media gambar seri dan pembelajaran konvensional di SDN Sedarum 1 Nguling Pasuruan. Hasil penelitian ini hendaknya dijadikan bahan tambahan oleh guru untuk mempertimbangkan pemilihan media pembelajaran sebagai upaya meningkatkan mutu suatu pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6082

Actions (login required)

View Item View Item