Keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada mata pelajaran biologi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Probolinggo semester gasal tahun ajaran 2018/2019 / Ana Rizka Falentina

Falentina, Ana Rizka (2019) Keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada mata pelajaran biologi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Probolinggo semester gasal tahun ajaran 2018/2019 / Ana Rizka Falentina. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Falentina, Ana Rizka. 2019. Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Mata Pelajaran Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Probolinggo Tahun Ajaran 2018/2019.Tesis Program Studi Biologi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Murni Saptasari, M.Si., (II) Dr. Hj. Sri Endah Indriwati, M.Pd. Kata Kunci: Inkiri Terbimbing, Keterampilan Berpikir Kritis, Hasil Belajar Pendidikan bertujuan menyiapkan siswa menjadi generasi mandiri yang mampu menghadapi tantangan zaman dengan memiliki keterampilan hidup abad 21 salah satunya berpikir kritis. Hasil observasi awal diperoleh fakta yang bertolak belakang yaitu rendahnya keterampilan berpikir kritis yang meliputi fokus, argumentasi, induksi, deduksi dan evaluasi yang terjadi di SMAN 2 Probolinggo. Melalui observasi dan analisis dokumen hasil belajar siswa, yang meliputi hasil beajar kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan belum memenuhi ketuntasan klasikal yang ditetapkan. Keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar dapat dikembangkan melalui proses pembelajaran dengan model pembelajaran yang tepat. Model pembelajaran inkuiri terbimbing sebagai solusi model pembelajaran yang melatih dan mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar. Langkah-langkah pembelajaran inkuiri terbimbing memfasilitasi berkembangnya setiap indikator keterampilan berpikir kritis sekaligus memberikan perubahan terhadap hasil belajar keterampuilan sikap, pengetahuan dan keterampilan selama proses pembelajaran. Tujuan Penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing dalam mmengembangkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas XI IPA 1 SMAN 2 Probolinggo. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Probolinggo tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 32 siswa. Setiap siklusnya terdiri dari langkah-langkah observasi awal, perencanaan pelaksanaan dan pengamatan, serta refleksi. Data penelitian melipiti hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran, hasil tes berpikir kritis, hasil belajar kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan. Data yang telah terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data secara triangulasi,dan penarikan kesimpulan. Hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran pada siklus I menunjukkan belum maksimalnya pelaksanaan sintaks inkuiri terbimbing dalam menstimulus indikator berpikir kritis. Hasil refleksi siklus I kemudian dilakukan perbaikan pelaksanaan sintaks pembelajaran pada siklus 2 dengan lebih memberikan fasilitas dan kesempatan siswa mengembangkan keterampilan berpikir kritis. Data peningkatan berpikir kritis menunjukkan indikator melakukan argumentasi mengalami peningkatan paling tinggi dibandingkan indikator yang lain yaitu sebesar 15,36%. Tingginya peningkatan indikator melakukan argumentasi tidak terlepas dari setiap tahap pembelajaran inkuiri yang melatihkan keterampilan melakukan argumentasi. Keterampilan memberikan argumen terlatih dari tahap mengeksplorasi fenomena, siswa mengeksplorasi fenomena dengan mengemuka-kan argumen terkait konsep yang dimiliki dengan fakta melalui fenomena yang disajikan. Indikator berpikir kritis yang mengalami peningkatan paling rendah adalah induksi yaitu sebesar 6,25%. Guru kurang memberikan illustrasi pada saat mengobservasi fenomena dan kurang maksimal dalam memberikan berbagai contoh konkrit lain untuk memfasilitasi keterampilan induksi siswa. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, keterampilan berpikir kritis siswa mengalami perkembangan setelah mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Langkah-langkah pembelajaran inkuiri terbimbing dapat melatih siswa menstimulasi perkembangan keterampilan berpikir kritis untuk mendapatkan ide dalam rangka memecahkan masalah yang ditemukan..

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Mar 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60817

Actions (login required)

View Item View Item