Pengembangan modul elektronik materi sistem hormon berbasis problem based learning berdasarkan hasil penelitian diabetes mellitus tipe 2 untuk meningkatkan problem solvingn skill / Ilmi Falihatun Najahah

Najahah, Ilmi Falihatun (2019) Pengembangan modul elektronik materi sistem hormon berbasis problem based learning berdasarkan hasil penelitian diabetes mellitus tipe 2 untuk meningkatkan problem solvingn skill / Ilmi Falihatun Najahah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Najahah, Ilmi Falihatun. 2018. Pengembangan Modul Elektronik Materi Sistem Hormon Berbasis Problem Based Learning Berdasarkan Hasil Penelitian Diabetes Mellitus Tipe 2 untuk Meningkatkan Problem Solving Skill. Tesis, Jurusan Pendidikan Biologi, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Sri Rahayu Lestari, M.Si., (2) Dr. Ibrohim, M.Si. Kata kunci: Modul Elektronik, Sistem Hormon, Problem Based Learning, Diabetes Mellitus Tipe 2, Problem Solving Skill Capaian pembelajaran untuk strata 1 harus disesuaikan dengan jenjang kualifikasi 6, yang dapat diterapkan dengan melatihkan problem solving skill dan dapat difasilitasi oleh problem based learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan modul elektronik materi sistem hormon berbasis problem based learning berdasarkan hasil penelitian diabetes mellitus tipe 2 untuk meningkatkan problem solving skill dari segi validitas, kepraktisan, dan keefektifan. Prosedur penelitian menggunakan model pengembangan ADDIE dengan 5 tahapan, yaitu analyze; design; develop, implementation; dan evaluate. Desain uji coba menggunakan nonrandomized control group pretest-posttest design.Validitas produk diukur berdasarkan uji validitas oleh ahli bahan ajar, ahli materi, dan praktisi lapangan menggunakan lembar validitas. Kepraktisan produk diukur berdasarkan respon mahasiswa dengan menggunakan lembar angket respon setelah penggunaan produk. Keefektifan produk diukur berdasarkan tes evaluasi sebelum dan sesudah penggunaan produk dan pengamatan problem solving skill selama pembelajaran. Modul elektronik yang dikembangkan dikatakan valid, praktis, dan efektif. Valid berdasarkan telaah ahli bahan ajar (99,89%) dan ahli materi (93,75%), praktisi lapangan (98,96%). Praktis berdasarkan respon mahasiswa (98,69%). Efektif dalam meningkatkan problem solving skill berdasarkan rerata gain score 0,38 (sedang), ketuntasan klasikal sebesar 86,96% (tuntas), dan rerata hasil observasi untuk indikator 1 adalah 3 (competent), indikator 2 adalah 4 (expert), dan indikator 3 adalah 4 (expert).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60816

Actions (login required)

View Item View Item