Pengaruh model pembelajaran RICOSRE berdasarkan gender terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif biologi SMA Negeri di Malang / Irma Dahlia Yuliskurniawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran RICOSRE berdasarkan gender terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif biologi SMA Negeri di Malang / Irma Dahlia Yuliskurniawati

Yuliskurniawati, Irma Dahlia (2019) Pengaruh model pembelajaran RICOSRE berdasarkan gender terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif biologi SMA Negeri di Malang / Irma Dahlia Yuliskurniawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Yuliskurniawati Irma Dahlia. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran RICOSRE berdasarkan Gender terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Kognitif Biologi SMA Negeri di Malang. Tesis Program Studi Pendidikan Biologi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Susriyati Mahanal M.Pd. (II) Dr. Abdul Gofur M.Si. Kata Kunci keterampilan proses sains hasil belajar kognitif model pembelajaran RICOSRE gender. Pendidikan abad 21 menuntut peserta didik untuk memiliki pengetahuan tinggi dan kecakapan hidup dalam masyarakat. Keterampilan proses sains adalah salah satu keterampilan yang harus dicapai di abad 21 agar siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran mengembangkan rasa tanggung jawab membantu berpikir logis mengajukan pertanyaan rasional mencari jawabannya serta memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Hasil penelitian pendahuluan SMA di Malang mengungkapkan bahwa keterampilan masih dalam kriteria belum berkembang. Hasil belajar kognitif siswa SMA di Malang juga menunjukkan 49% siswa masih dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Rendahnya keterampilan proses sains dan hasil belajar diperlukan model pembelajaran berbasis pemecahan masalah salah satu model pemecahan masalah adalah model pembelajaran RICOSRE. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran (RICOSRE PBL pendekatan saintifik) terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif berdasarkan gender yang berbeda. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain pretest postest nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah semua kelas X SMA Negeri di Malang. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik random samping. Siswa kelas X MIPA 3 5 6 SMAN 8 Malang dan X MIPA A F D SMAN 1 Singosari. Pengumpulan data keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif menggunakan soal essay. Uji prasyarat hasil penelitian meliputi uji homogenitas varian dan uji normalitas. Uji hipotesis menggunakan teknik ANAKOVA yang dilanjutkan dengan uji beda LSD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) model pembelajaran (RICOSRE PBL pendekatan saintifik) berpengaruh terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif siswa kelas X di SMAN Malang. Siswa yang dibelajarkan menggunakan model RICOSRE memiliki rerata terkoreksi keterampilan proses sains dan hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan model PBL dan pembelajaran konvensional 2) gender tidak berpengaruh terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif siswa kelas X di SMAN Malang 3) interaksi antara model pembelajaran dan gender tidak berpengaruh terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif kelas X SMAN di Malang. Hasil penelitian ini peneliti menyarankan pembelajaran RICOSRE dapat digunakan sebagai pembelajaran untuk mensejajarkan keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif siswa dengan gender yang berbeda. Dengan demikian kesenjangan antara nilai siswa perempuan dan laki-laki dapat dikurangi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60815

Actions (login required)

View Item View Item