Pengaruh model pembelajaran RICOSRE terhadap keterampilan argumentasi ilmiah dan hasil belajar biologi pada siswa kelas X SMA Negeri di Malang dengan kemampuan akademik yang berbeda / Nurul Ika Noviyanti

Noviyanti, Nurul Ika (2019) Pengaruh model pembelajaran RICOSRE terhadap keterampilan argumentasi ilmiah dan hasil belajar biologi pada siswa kelas X SMA Negeri di Malang dengan kemampuan akademik yang berbeda / Nurul Ika Noviyanti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Noviyanti, Nurul Ika. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran RICOSRE terhadap Keterampilan Argumentasi Ilmiah dan Hasil Belajar Biologi pada Siswa Kelas X SMA Negeri di Malang dengan Kemampuan Akademik Berbeda. Tesis, Program Studi Pendidikan Biologi, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Susriyati Mahanal, M.Pd. (II) Prof. Dr. Hj. Siti Zubaidah, M.Pd. Kata Kunci: Keterampilan Argumentasi Ilmiah, Hasil Belajar Biologi, RICOSRE, Kemampuan Akademik. Pendidikan abad 21 menjadi pusat utama dalam pengembangan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Keterampilan argumentasi salah satu keterampilan yang perlu diberdayakan dalam pembelajaran biologi. Faktanya keterampilan argumentasi ilmiah siswa SMA Negeri di Malang masih rendah, sehingga berdampak pada hasil belajar kognitif yang rendah. Permasalahan ini disebabkan oleh perbedaan kemampuan akademik siswa. Solusi untuk memecahkan permasalahan ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran RICOSRE. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran RICOSRE dan kemampuan akademik terhadap keterampilan argumentasi ilmiah dan hasil belajar kognitif biologi tentang virus dan bakteri. Metode penelitian ialah kuasi-eksperimen, dengan desain penelitian pretest- post-test non equivalen control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh SMA Negeri di Malang. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 8 Malang dan SMAN 1 Turen yang ditentukan melalui uji kesetaraan. Hasil uji kesetaraan menunjukkan bahwa SMAN 8 Malang sebagai sekolah dengan kemampuan akademik tinggi, dan SMAN 1 Turen sebagai sekolah dengan akademik rendah. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Sampel pada sekolah dengan kemampuan akademik tinggi sejumlah 179 siswa, dan sampel pada sekolah dengan kemampuan akademik rendah sejumlah 180 siswa.Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan soal tes esai pada Kompetensi Dasar 3.4 & 4.4 dan 3.5 & 4.5. Uji prasyarat berupa uji homogenitas varian dan uji normalitas. Uji hipotesis menggunakan anakova dengan taraf signifikasi 0,5% yang dilanjutkan dengan uji beda LSD. Hasil penelitian memperlihatkan 1) RICOSRE berpengaruh terhadap keterampilan argumentasi ilmiah dan hasil belajar kognitif biologi siswa kelas X di SMA Negeri di Malang, 2) kemampuan akademik tidak berpengaruh terhadap keterampilan argumentasi ilmiah dan hasil belajar kognitif biologi siswa kelas X di SMA Negeri di Malang, 3) interaksi model pembelajaran RICOSRE dan kemampuan akademik berpengaruh terhadap keterampilan argumentasi ilmiah dan hasil belajar kognitif siswa kelas X di SMA Negeri di Malang. Berdasarkan hasil penelitian, maka disarankan untuk melakukan penelitian tentang pengaruh model pembelajaran RICOSRE dan perbedaan kemampuan akademik terhadap terikat lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60814

Actions (login required)

View Item View Item