Pengembangan atlas tumbuhan lumut daerah Ranu Pani kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru sebagai suplemen bahan ajar mata kuliah keanekaragaman tumbuhan Universitas Negeri Malang / Dwi Rahmahwati

Rahmahwati, Dwi (2019) Pengembangan atlas tumbuhan lumut daerah Ranu Pani kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru sebagai suplemen bahan ajar mata kuliah keanekaragaman tumbuhan Universitas Negeri Malang / Dwi Rahmahwati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v ABSTRAK Rahmahwati, Dwi. 2017. Pengembangan Atlas Tumbuhan Lumut Daerah Ranu Pani Kawasan Bromo Tengger Semeru Sebagai Suplemen Bahan Ajar Matakuliah Keanekaragaman Tumbuhan. Tesis. Jurusan Pendidikan Biologi, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Murni Saptasari M. Si, (II) Dr. Susriyati Mahanal, M. Pd Kata kunci: Atlas Tumbuhan, Ranu Pani, Tumbuhan Lumut Hasil analisis kebutuhan yang dilakukan pada mahasiswa matakuliah Keanekaragaman Tumbuhan (KT) diperoleh bahwa salah satu materi yang sulit pada perkuliahan ini adalah materi tumbuhan lumut. Berdasarkan hasil wawancara dengan Dosen pengampu matakulihah KT bahwa terdapat kekurangan pada media atau bahan ajar yang digunakan oleh mahasiswa. Bahan ajar yang digunakan selama ini masih berupa buku teks terjemahan atau buku teks asing yang kurang dilengkapi oleh gambar tumbuhan lumut yang mendukung. Berdasarkan analisis kebutuhan tersebut maka perlu adanya penelitian pengembangan bahan ajar yaitu pengembangan suplemen bahan ajar berupa Atlas. Tujuan penelitian ini adalah adalah mengembangkan produk berupa atlas tumbuhan lumut daerah Ranu Pani yang valid, praktis, dan efektif sebagai suplemen bahan ajar matakuliah Keanekaragaman Tumbuhan (KT). Model penelitian pengembangan yang dijadikan acuan adalah model pengembangan ADDIE yaitu analyze, design, develop, implement, dan evaluate. pada penelitian ini dibatasi hanya sampai pada tahap develop. Pada penelitian ini terdiri dari dua tahapan utama yaitu inventarisasi tumbuhan lumut daerah Ranu Pani kemudian dilanjutkan pengembangan produk atlas tumbuhan lumut berdasarkan hasil inventarisasi tersebut. Hasil inventarisasi tumbuhan lumut ditemukan 29 spesies tumbuhan lumut yang terdiri dari lumut daun (Bryopsida) sebanyak 12 spesies, lumut hati (Hepaticopsida) sebanyak 6 spesies, dan lumut tanduk (Anthoceropsida) sebanyak 1 spesies. Berdasarkan validasi ahli materi diperoleh hasil 90 % dengan kategori sangat tinggi dengan revisi kecil. Hasil validasi ahli media diperoleh persentase sebesar 90 % dengan kategori sangat tinggi. Hasil validasi ahli praktisi lapangan diperoleh persentase sebesar 89 % dengan kualifikasi tinggi. Hasil uji coba kelompok kecil memiliki rata-rata nilai kepraktisan sebesar 89% dengan kategori tinggi. Secara keseluruhan produk atlas tumbuhan lumut sudah valid dan praktis untuk pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60809

Actions (login required)

View Item View Item