Pengembangan buku ajar mangrove dan gastropoda untuk mata kuliah pengelolaan kawasan pesisir dan laut di Universitas PGRI Banyuwangi / Vika Firma Noviana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku ajar mangrove dan gastropoda untuk mata kuliah pengelolaan kawasan pesisir dan laut di Universitas PGRI Banyuwangi / Vika Firma Noviana

Noviana, Vika Firma (2018) Pengembangan buku ajar mangrove dan gastropoda untuk mata kuliah pengelolaan kawasan pesisir dan laut di Universitas PGRI Banyuwangi / Vika Firma Noviana. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vii RINGKASAN Noviana Vika Firma. 2018. Pengembangan Buku Ajar Mangrove dan Gastropoda untuk Matakuliah Pengelolaan Kawasan Pesisir dan Laut di Universitas PGRI Banyuwangi. Tesis Tesis Jurusan Pendidikan Biologi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Fatchur Rahman M.Si. (II) Dra. Dwi Listyorini M.Si D.Sc. Kata kunci buku ajar mangrove gastropoda Pengelolaan Kawasan Pesisir dan Laut merupakan salah satu matakuliah wajib yang ada di Universitas PGRI Banyuwangi. Bahan ajar yang digunakan dalam matakuliah Pengelolaan Kawasan Pesisir dan Laut berupa textbook sumber dari internet dan artikel. Mahasiswa kesulitan dalam mencari bahan ajar yang berkaitan dengan identifikasi mangrove dan gastropoda ketika membuat laporan kegiatan praktikum lapang. Berdasarkan kondisi tersebut dilakukan pengembangan buku ajar hasil penelitian mangrove dan gastropoda di Pantai Bedul di Taman Nasional Alas Purwo. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini yaitu untuk menguji kevalidan buku ajar mangrove dan gastropoda Pantai Bedul oleh validator ahli media materi dan praktisi lapang menguji kepraktisan buku ajar mangrove dan gastropoda Pantai Bedul oleh mahasiswa dan menguji keefektifan buku ajar mangrove dan gastropoda Pantai Bedul melalui implementasi dalam pembelajaran. Prosedur penelitian dan pengembangan yang dilakukan dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu Analyze Design Develop Implement dan Evaluate. Tahap Analyze dilakukan dengan pemberian angket analisis kebutuhan bahan ajar kepada 1 dosen pengampu dan mahasiswa yang telah menempuh matakuliah pengelolaan kawasan pesisir dan laut sebanyak 20 mahasisa SI Biologi Universitas PGRI Banyuwangi. Tahap Design dilakukan dengan mendaftar semua komponen yang dibutuhkan dalam pengembangan buku ajar berupa materi tentang mangrove dan gastropoda menyusun rancangan produk dan menyusun instrument penilaian produk. Tahap Develop dilakukan untuk menghasilkan produk sesuai dengan rancangan melakukan revisi formatif setelah dinilai kelayakan atau validasi oleh ahli media yaitu Dr. Henry Praherdhiono S.Si. M.Pd. validasi ahli materi dilakukan oleh Prof. Dr. Joko Waluyo M.Si. dan validasi oleh praktisi lapangan oleh Fuad Aridyansah M. Si. dengan menggunakan angket validasi. Uji coba produk dilakukan pada mahasiswa S1 Biologi yang berjumlah 20 orang dengan menggunakan angket keterbacaan. Implementasi dilakukan untuk mengetahui efektivitas dengan menggunakan one grup one group pretest-posttest design. Instrumen yang digunakan berupa lembar pretes dan postes dengan soal pilihan ganda yang berjumlah 20 butir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil validasi ahli materi menilai tiga aspek yaitu kelayakan isi penyajian dan bahasa dengan total persentase 89% dengan kategori sangat valid sehingga dapat digunakan atau diimplementasikan dengan revisi kecil. Ahli media menilai tiga aspek yang berkaitan dengan keabsahan penyajian dan kegrafisan dengan total persentase 97 2% sehingga buku ajar dalam kategori sangat valid dan dapat digunakan dengan revisi yang kecil. Hasil penilaian buku ajar mangrove dan gastropoda Pantai Bedul oleh viii praktisi lapangan dari ketiga aspek yaitu kelengkapan dan keakuratan materi karakteristik buku ajar aspek bahasa keterbacaan dan komunikasi memperoleh total persentase 89 7% dengan kategori sangat valid dan dapat digunakan dengan revisi kecil. Hasil uji kepraktisan mahasiwa terhadap buku ajar mangrove dan gastropoda Pantai Bedul diperoleh persentase sebesar 83 31% dengan kategori sangat praktis sehingga dapat digunakan dengan tanpa revisi. Hasil uji efektifitas yang dilakukan pada satu kelas menunjukkan bahwa bahwa nilai rerata pretes hasil belajar mahasiswa sebesar 49 25 nilai rerata postes sebesar 67 25 dan N gain menunjukkan peningkatan hasil belajar sebesar 0 36 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa buku ajar mangrove dan gastropoda Pantai Bedul yang dikembangkan tergolong valid praktis dan efektif digunakan untuk matakuliah Pengelolaan Kawasan Pesisir dan Laut mahasiswa S1 Biologi Universitas PGRI Banyuwangi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Dec 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60806

Actions (login required)

View Item View Item