Pengaruh model Argument-Driven Inquiry (ADI) terhadap keterampilan argumentasi dan keterampilan berpikir kritis siswa / Aminatur Rosyidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model Argument-Driven Inquiry (ADI) terhadap keterampilan argumentasi dan keterampilan berpikir kritis siswa / Aminatur Rosyidah

Rosyidah, Aminatur (2018) Pengaruh model Argument-Driven Inquiry (ADI) terhadap keterampilan argumentasi dan keterampilan berpikir kritis siswa / Aminatur Rosyidah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Rosyidah Aminatur. 2018. Pengaruh Model Argument-Driven Inquiry (ADI) terhadap keterampilan Argumentasi dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Tesis Jurusan Pendidikan Biologi Program Studi Pendidikan Biologi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dra. Herawati Susilo M.Sc Ph.D. (2) Dr. Hadi Suwono M.Si. Kata Kunci Model Argument-Driven Inquiry (ADI) Keterampilan Argumentasi Keterampilan Berpikir Kritis Tujuan dilaksanakan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model Argument-Driven Inquiry (ADI) terhadap keterampilan argumentasi dan keterampilan berpikir kritis siswa.Berdasarkan hasil observasi dan hasil uji analisis kebutuhan yang dilakukan di SMAN 06 Malang menunjukkan bahwa keterampilan argumentasi dan keterampilan berpikir siswa masih rendah. Hal tersebut terjadi karena guru mata pelajaran masih cenderung melakukan kegiatan pembelajaran berbasis teacher center seperti penjelasan materi penugasan dan tanya jawab. Kegiatan pembelajaran tersebut menjadikan pembelajaran Biologi sebagai pembelajaran berbasis proses pengembangan sikap dan aplikasi tidak tersentuh sehingga siswa tidak dapat mengembangkan keterampilan abad 21 yang dimiliki. Keterampilan abad 21 yang penting untuk dimiliki siswa seperti keterampilan argumentasi dan keterampilan berpikir kritis karena keterampilan tersebut dapat membantu siswa memahami konsep dalam kegiatan pembelajaran. Upaya yang dilakukan dalam mengoptimalkan peningkatan keterampilan argumentasi dan keterampilan berpikir kritis siswa yaitu dengan kegiatan pembelajaran yang berkaitan dengan penyelidikan diksusi dan analisis suatu permasalahan melalui model Argument-Driven Inquiry (ADI). Oleh karena itu model Argument-Driven Inquiry (ADI) diharapkan mampu meningkatkan keterampilan argumentasi dan keterampilan berpikir kritis siswa. Desain penelitian yang dilakukan adalah kuasi eksperimen dengan rancangan pretest posttest non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 06 Malang yang terdiri dari empat kelas pada tahun ajaran 2017/2018 semester genap. Total sampel yang digunakan yaitu 2 kelas eksperimen dengan pembelajaran model ADI dan 2 kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode simple random sampling yang dilakukan setelah memperhatikan ciri-ciri di antaranya siswa mendapat materi berdasarkan kurikulum yang sama diampu oleh guru yang sama dan pembagian kelas yang homogen berdasarkan nilai rapor pada semester gasal. Pada teknik simple random sampling menggunakan empat kelas secara acak dari populasi harus berdistribusi normal dan memiliki homogenitas yang sama. Berdasarkan hasil anava empat kelas dipilih sebagai sampel dua kelas untuk kelas eksperimen dan dua kelas untuk kelas kontrol dengan menggunakan teknik sampel acak. Uji prasyarat hasil penelitian berupa uji homogenitas varian dan uji normalitas sedangkan untuk uji hipotesis menggunanakan teknik analisis anakova dengan taraf signifikasi 0 5% Hasil uji anakova menunjukkan bahwa model ADI berpengaruh terhadap keterampilan argumentasi dan keterampilan berpikir kritis siswa. Hal ini berarti terdapat perbedaan keterampilan argumentasi dan keterampilan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan dengan model ADI dengan pembelajaran konvensional. Siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran ADI mengalami peningkatan keterampilan argumentasi dan keterampilan berpikir kritis lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Rerata terkoreksi keterampilan argumentasi dengan model pembelajaran ADI lebih tinggi sebesar 11.751 dan rerata terkoreksi keterampilan berpikir kritis model pembelajaran ADI lebih tinggi sebesar 1.07 dibandingkan rerata terkoreksi pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60803

Actions (login required)

View Item View Item