Pengembangan modul anatomi fisiologi manusia berbasis inkuiri berdasarkan penelitian diabetes mellitus tipe 2 untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif mahasiswa / Dita Purwinda Anggrella

Anggrella, Dita Purwinda (2018) Pengembangan modul anatomi fisiologi manusia berbasis inkuiri berdasarkan penelitian diabetes mellitus tipe 2 untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif mahasiswa / Dita Purwinda Anggrella. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Anggrella, Dita Purwinda. 2018. Pengembangan Modul Anatomi Fisiologi Manusia Berbasis Inkuiri Berdasarkan Penelitian Diabetes Mellitus Tipe 2 untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa. Tesis, Jurusan Pendidikan Biologi, Program Studi Pendidikan Biologi, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Sri Endah Indriwati, M.Pd., (2) Dr. Sri Rahayu Lestari, M.Si. Kata Kunci: Modul Berbasis Inkuiri, Diabetes Mellitus Tipe 2, Keterampilan Proses Sains, Hasil Belajar Kognitif Pendidikan tinggi di Indonesia memiliki acuan dasar berupa kurikulum yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan program studi dan harus mengacu pada kerangka kualifikasi nasional indonesia (KKNI). Institut keguruan dan ilmu pendidikan (IKIP) Budi Utomo Malang merupakan salah satu perguruan tinggi swasta yang memiliki rancangan kurikulum yang belum secara menyeluruh mengacu pada KKNI. Rancangan kurikulum yang belum secara menyeluruh mengacu pada KKNI tersebut tampak berdasarkan analisis RPS yang menunjukkan adanya kesenjangan antara capaian pembelajaran dengan kondisi yang sebenarnya, bahwa capaian pembelajaran dalam melakukan kegiatan keterampilan di laboratorium pada matakuliah Anatomi Fisiologi Manusia masih belum dilakukan secara maksimal. Kesenjangan tersebut disebabkan oleh kurangnya sarana dan prasana yang mendukung sehingga jam perkuliahan tidak mengakomodasi seluruh kegiatan teori dan praktikum yang diperlukan dalam matakuliah Anatomi Fisiologi Manusia, permasalahan tersebut menyebabkan pembelajaran bersifat teacher center dan capaian pembelajaran yang dirumuskan dalam tujuan pembelajaran belum tercapai secara maksimal. Tidak tercapainya capaian pembelajaran didukung berdasarkan hasil observasi dan analisis kebutuhan di IKIP Budi Utomo Malang. Hasil observasi dan analisis kebutuhan yang dilaksanakan di IKIP Budi Utomo Malang menunjukkan kesenjangan antara kondisi pembelajaran serta bahan ajar yang digunakan dengan kondisi ideal. 52,7% mahasiswa menyatakan sumber belajar yang digunakan menggunakan laman internet (blog). Bahan ajar yang digunakan belum mampu memfasilitasi mahasiswa untuk melakukan kegiatan ilmiah sehingga mahasiswa hanya sebatas mengetahui materi tanpa memahami konsep, pemberdayaaan keterampilan proses yang merupakan inti dari pembelajaran sains mahasiswa juga menjadi tidak berkembang, hal ini dibuktikan berdasarkan hasil angket analisis kebutuhan bahwa 100% mahasiswa belum pernah melakukan kegiatan ilmiah pada matakuliah Anatomi Fisiologi Manusia, sehingga keterampilan proses sains mahasiswa menjadi tidak berkembang. Berikutnya 85% mahasiswa menyatakan selama pembelajaran belum banyak mengangkat fenomena dalam kehidupan sehari-hari, sehingga informasi yang didapat bersifat teoritis. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan memfasilitasi adanya bahan ajar berupa modul yang dirancang berdasarkan model pembelajaran inkuiri dengan pendekatan kontesktual yaitu hasil penelitian diabetes mellitus tipe 2 (DMT2), sehingga dapat memfasilitasi keterampilan proses sains dan aspek kognitif mahasiswa. Penelitian menggunakan desain Research and Development (R&D) yang dipadukan dengan eksperimen semu (Queasy Experiment) untuk uji coba produk. Tahapan penelitian pengembangan mengacu pada model ADDIE yang meliputi Analyze, Design, Development, Implementation and Evaluation. Subjek uji coba penelitian adalah mahasiwa IKIP Budi Utomo yang terdiri dari 9 mahasiswa dalam uji coba kelompok kecil dan 23 mahasiswa dalam uji coba kelompok besar. Pengumpulan data penelitian menggunakan instrumen angket, tes keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif. Analisis data menggunakan metode perhitungan persentase untuk data angket, dan uji statistik dengan teknik analisis kovarian (Anakova) untuk menguji hipotesis penelitian. Tanggapan dan saran responden pada angket digunakan sebagai acuan perbaikan produk yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk pengembangan modul berbasis inkuiri berdasarkan penelitian DMT2 terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif telah memenuhi aspek kelayakan modul ditinjau dari hasil validasi ahli materi, ahli bahan ajar, dan praktisi pembelajaran serta respon mahasiswa. Berdasarkan hasil uji validitas materi diperoleh rerata sebesar 90%, hasil validasi pengembangan bahan ajar diperoleh rerata 94,75% untuk modul mahasiswa, dan 94% untuk modul pegangan dosen, serta praktisi pembelajaran mendapatkan persentase 97%. Nilai kepraktisan modul yang digunakan di lapangan sebesar 87,67% untuk uji coba kelompok kecil dan 98,67% untuk kelompok besar, serta efektif untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif mahasiswa. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada pencapaian keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif dari kelas kontrol dan kelas eksperimen. Peningkatan keterampilan proses sains menunjukkan 10,70 % di kelas eksperimen dibanding kelas kontrol, sedangkan untuk hasil belajar kognitif terjadi peningkatan 15,16%.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60802

Actions (login required)

View Item View Item