Pengembangan pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis potensi lokal pantai Lhokseumawe dan pengaruhnya terhadap keterampilan berpikir kritis, pemahaman konsep, dan sikap peduli lingkungan siswa SMK Negeri 6 Perikanan dan Kelautan / Dini Annisha

Annisha, Dini (2018) Pengembangan pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis potensi lokal pantai Lhokseumawe dan pengaruhnya terhadap keterampilan berpikir kritis, pemahaman konsep, dan sikap peduli lingkungan siswa SMK Negeri 6 Perikanan dan Kelautan / Dini Annisha. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Annisha, D. 2018. PengembanganPembelajaranInkuiriTerbimbingBerbasisPotensiLokalPantaiLhokseumawe Dan PengaruhnyaTerhadapKeterampilanBerpikirKritis, PemahamanKonsep, danSikapPeduliLingkunganSiswa SMK Negeri 6 PerikanandanKelautan. Tesis. Program StudiPendidikanBiologi, PascasarjanaUniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Ibrohim, M.Si, (2) Dr. FatchurRohman, M.Si. Kata kunci :pembelajaraninkuiriterbimbing, potensilokal, keterampilanberpikirkritis, pemahamankonsep, sikappedulilingkungan Proses pembelajarankurikulum 2013 memilikitujuanuntukmengembangkan proses pembelajarandankemampuansiswauntukmampumenguasaikecakapanhidupabad 21 sesuaidenganStandarKompetensiLulusan yang telahditetapkan. Kurikulumpadasemuajenjangdansatuanpendidikan di Indonesia dikembangkanberdasarkanprinsipdantujuanuntukmemanfaatkansertamelestarikankekayaanpotensidaerahdanlingkungan. Proses pembelajaranbiologimenekankanpadasalahsatu proses yang menerapkanmetodepembelajaranilmiahdalamkegiatanbelajardenganmemanfatakanlingkungandanpotensilokalsebgaisumberbelajar. Hal inimenjadidasarpengembanganperangkatpembelajaranberbasispotensilokaldenganmenggunakan model pembelajaraninkuiri.Tujuanutamapenelitianiniuntuk : (1) memanfaatkanpotensilokalberupapantaiLhokseumawe yang dapatdijadikansebagaisumberbelajaruntuksiswakelas XI SMK Negeri 6 PerikanandanKelautanLhokseumawepadamateriekosistemdanperubahanlingkunganberdasarkankarakteristikpotensilokal, (2) MengembangkanperangkatpembelajaraninkuiriberbasispotensilokalpantaiLhokseumawe yang terdiridarisilabus, RPP, Handout, LKS, daninstrumenpenilaian yang valid danpraktis (3) Mengujikeefektifanperangkatpembelajaraninkuiriberbasispotensilokaluntukmeningkatkanketerampilanberpikirkritis, pemahamankonsep, dansikappedulilingkungan. Model penelitianmenggunakanmodel pengembangan ADDIE.Data yang dikumpulkan dalam penelitian pengembangan iniberupa data kualitatif dan kuantitatf. Data kualitatif berupa kritik, saran maupun respons dari ahli media, ahli materi, praktisi lapanganterhadapperangkatpembelajaraninkuiri yang dikembangkansertapenilaianolehhandoutbiologiberbasis potensi lokal yang dikembangkan. Sementara itu, data kuantitatif berupa skor kevalidan produk oleh ahli media dan ahlidesainpembelajaran, skor kepraktisan produk oleh praktisi lapangan, skor respons siswa, dan skor keefektifan produkmelaluisoal test untukmengukurketerampilanberpikirkritis, pemahamankonsep, dansikappedulilingkungan. Tempatpelaksanaanpenelitiandilakukan di SMK Negeri 6 PerikanandanKelautan.Instrumenpengumpulan data penelitianpengembanganterdiridari : (1) lembarvalidasiperangkatpembelajaran yang terdiridarisilabusdan RPP untukahlidesainpembelajarandanpraktisilapangan, (2) lembarvalidasibahan ajar berupahandout biologiuntukahli media, ahlimateri, praktisilapangandansiswa, (3) instrumensoalberpikirkritis, danpemahamankonsep, dan (4) angketsikappedulilingkungan. Berdasarkanhasilpenelitianpengembanganmenunjukkanbahwa : (1) silabusdan RPP yang dikembangkandikategorikansangatlayakoleh validator ahlidesainpembelajarandanpraktisilapanganyaituSilabus (98%) dan RPP (96,5%) sehinggadapatdiimplementasikanpada proses pembelajaranbiologi, (2) penilaianhandoutbiologiberbasispotensilokaloleh validator media, materi, praktisilapangandanresponsiswadinilaisangat valid danpraktisyaitu 98%, 95,6%, 95,6%, dan 92% (3) hasilujikeefektifanperangkatpembelajaraninkuiriberbasispotensilokalpantaiUjongBlangLhokseumawedinilaiefektifdalammeningkatkanketerampilanberpikirkritis, pemahamankonsep, dansikappedulilingkungansiswakelas XI SMK Negeri 6 PerikanandanKelautan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60801

Actions (login required)

View Item View Item