Maesarah (2018) Pengaruh model pembelajaran STEM PJBL terhadap kemampuan pemecahan masalah, kemampuan berpikir kreatif, dan perencanaan karier siswa SMA / Maesarah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Maesarah. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran STEM PJBL terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Kemampuan Berpikir Kreatif dan Perencanaan Karier Siswa SMA. Tesis Program Studi Magister Pendidikan Biologi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hadi Suwono M.Si. (II) Dr. Ibrohim M.Si. Kata Kunci kemampuan pemecahan masalah kemampuan berpikir kreatif dan perencanaan karier Abad 21 merupakan era perkembangan yang menempatkan sumber daya manusia pada tahap untuk dapat berdaya saing melalui penguasaan berbagai kompetensi. Kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan berpikir kreatif serta kemampuan dalam menjalani kehidupan dan karier merupakan kemampuan yang dituntut pada abad 21. Namun kenyataannya banyak siswa belum medapatkan kemampuan abad 21 pada saat mereka belajar di bangku sekolah. Salah satu penyebabnya yaitu model penyampaian (transfer) ilmu dari guru ke siswa masih digunakan oleh sebagian besar dunia sebagai pendekatan pembelajaran di mana guru menstransferkan pengetahuan melalui ceramah dan mendominasi pembelajaran sehingga pembelajaran berpusat pada guru. Pembelajaran berbasis STEM merupakan salah satu jawaban untuk menjawab tantangan abad 21. Pembelajaran STEM dapat dikolaborasikan dengan PjBL. PjBL terintegrasi dengan STEM dapat meningkatkan minat belajar siswa pembelajaran menjadi lebih bermakna membantu siswa dalam memecahkan masalah dalam kehidupan nyata dan menunjang karier masa depan Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran STEM PjBL terhadap kemampuan pemecahan masalah kemampuan berpikir kreatif dan perencanaan karier siswa SMA. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas X SMAN 5 Mataram pada semester genap tahun pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari 6 kelas. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan pemecahan masalah tes kemampuan berpikir kreatif dan angket perencanaan karier siswa. Analisis data menggunakan Quade s rank analysis of covariance. Hasil analisis menunjukkan bahwa model pembelajaran STEM PJBL memiliki pengaruh dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah kemampuan berpikir kreatif dan perencanaan karier siswa SMA. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh maka disarankan pada pendidik untuk menerapkan model pembelajaran STEM PjBL pada pembelajaran di kelas karena model pembelajaran STEM PjBL dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah kemampuan berpikir kreatif dan perencanaan karier siswa SMA.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Aug 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/60799 |
Actions (login required)
View Item |