Pengaruh Model Challenge-Based Learning terhadap Keterampilan Kolaborasi, Memecahkan Masalah dan Kreativitas Ilmiah Mahasiswa S1 Jurusan Biologi / Nova Fitriani Wahdah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh Model Challenge-Based Learning terhadap Keterampilan Kolaborasi, Memecahkan Masalah dan Kreativitas Ilmiah Mahasiswa S1 Jurusan Biologi / Nova Fitriani Wahdah

Wahdah, Nova Fitriani (2018) Pengaruh Model Challenge-Based Learning terhadap Keterampilan Kolaborasi, Memecahkan Masalah dan Kreativitas Ilmiah Mahasiswa S1 Jurusan Biologi / Nova Fitriani Wahdah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Wahdah Nova Fitriani. 2018. Pengaruh Model Challenge-Based Learning terhadap Keterampilan Kolaborasi Memecahkan Masalah dan Kreativitas Ilmiah Mahasiswa S1 Jurusan Biologi. Tesis Program Studi Magister Pendidikan Biologi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hadi Suwono M. Si. (II) Dr. Munzil M. Si. Kata kunci challenge based learning keterampilan kolaborasi keterampilan kreativitas ilmiah keterampilan memecahkan masalah Ilmu yang semakin berkembang seiring dengan kemajuan teknologi menuntut mahasiswa untuk tidak hanya belajar namun dapat bekerja dan melakukan inovasi. Berbagai macam keterampilan abad 21 harus dimiliki oleh mahasiswa tiga diantaranya yakni keterampilan kolaborasi memecahkan masalah dan kreativitas ilmiah. Proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran yang tepat mampu mengembangkan ketiga keterampilan ini. Model yang dipercaya dapat mengembangkan ketiga keterampilan ini yakni model Challenge-Based Learning (CBL) dan Project-Based Learning (PBL). Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk menganalisis pengaruh model CBL terhadap keterampilan kolaborasi memecahkan masalah dan kreativitas ilmiah mahasiswa. Rancangan dalam pelaksanaan penelitian ini yakni nonrandomized control group pretest-posttest design. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa pada kelas B C dan H angkatan 2017. Kelas eksperimen (kelas B) dibelajarkan dengan model CBL Kelas C yang merupakan kelas kontrol positif dibelajarkan dengan PBL sedangkan kelas H yang menjadi kontrol negatif dibelajarkan dengan model pembelajaran yang digunakan oleh dosen pengampu. Instrumen dalam penelitian ini adalah soal tes awal dan akhir keterampilan memecahkan masalah dan kreativitas ilmiah serta angket penilaian diri kolaborasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji Anakova dengan bantuan SPSS 16.0 for windows. Simpulan penelitian menunjukkan bahwa tidak ada beda keterampilan kolaborasi mahasiswa yang dibelajarkan dengan model CBL dengan PBL dan Konvensional. Ada perbedaan antara keterampilan memecahkan masalah dan kreativitas mahasiswa yang dibelajarkan menggunakan model CBL dengan model PBL atau konvensional. Hasil uji Beda Nyata Terkecil (BNT) menunjukkan bahwa keterampilan memecahkan masalah dan kreativitas masahasiswa yang dibelajarkan dengan model CBL berbeda secara nyata dengan mahasiswa yang dibelajarkan dengan model PBL dan Konvensional.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60794

Actions (login required)

View Item View Item