Pengembangan media flipbook melalui pembelajaran kooperatif dan pengaruhnya terhadap motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas XI di SMA Negeri 6 Madiun / Putri Nindy Tendy - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media flipbook melalui pembelajaran kooperatif dan pengaruhnya terhadap motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas XI di SMA Negeri 6 Madiun / Putri Nindy Tendy

Tendy, Putri Nindy (2018) Pengembangan media flipbook melalui pembelajaran kooperatif dan pengaruhnya terhadap motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas XI di SMA Negeri 6 Madiun / Putri Nindy Tendy. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Tendy Putri Nindy. 2018. Pengembangan Media Flipbook Melalui Pembelajaran Kooperatif dan Pengaruhnya terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI di SMA Negeri 6 Madiun. Tesis. Jurusan Pendidikan Biologi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hadi Suwono M.Si (II) Prof. Dra. Herawati Susilo M.Sc. Ph.D Kata kunci hasil belajar media flipbook motivasi pembelajaran kooperatif Media pembelajaran merupakan segala sesuatu yang bisa dimanfaatkan untuk menyampaikan informasi dan merangsang terjadinya proses pembelajaran. Flipbook adalah animasi klasik yang diciptakan dari sekumpulan kertas yang menyamai buku tebal dimana setiap lembaran halamannya dapat terlihat bergerak dan merupakan software untuk membuat media pembelajaran yang menampilkan gambar teks dan juga video. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan media flipbook yang berisi materi Sistem Reproduksi pada Manusia yang hasilnya diharapkan valid dan layak digunakan untuk siswa kelas XI SMA Negeri 6 Madiun dan untuk mengetahui keefektifan multimetode pembelajaran kooperatif dengan menggunakan media flipbook materi Sistem Reproduksi terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 6 Madiun. Jenis penelitian ini adalah pengembangan dengan model Lee Owens yang terdapat lima prosedur yaitu analysis design development implementation dan evaluation. Validator yang menilai untuk pengembangan media ini ada tiga orang yaitu 1 orang ahli materi 1 orang ahli pembelajaran dan 1 orang praktisi pendidikan. Subjek uji coba adalah seluruh siswa kelas XI IA 2 SMA Negeri 6 Madiun sebagai kelas eksperimen dan seluruh siswa kelas XI IA 5 SMA Negeri 6 Madiun sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian pengembangan yang digunakan adalah angket penilaian tentang media flipbook angket motivasi belajar angket observasi psikomotorik dan afektif soal tes kognitif. Hasil belajar kognitif siswa kelas eksperimen dan kontrol dilakukan analisis statistik dengan uji Ancova sedangkan motivasi belajar hasil belajar afektif dan hasil belajar psikomotorik dilakukan analisis statistik dengan uji Anova. Hasil penelitian menunjukkan kualitas media pembelajaran flipbook materi Sistem Reproduksi pada Manusia berdasarkan penilaian desain ahli pembelajaran ahli materi dan guru biologi dikategorikan sangat layak dan tanggapan siswa menunjukkan sangat setuju jika media flipbook materi Sistem Reproduksi digunakan. Hasil uji Ancova menunjukkan bahwa multimetode pembelajaran kooperatif dengan penggunaan media flipbook materi Sistem Reproduksi pada Manusia memberikan pengaruh terhadap hasil belajar kognitif. Hasil uji Anova menunjukkan bahwa multimetode pembelajaran kooperatif dengan penggunaan media flipbook materi Sistem Reproduksi pada Manusia memberikan pengaruh terhadap motivasi belajar dan hasil belajar psikomotorik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60792

Actions (login required)

View Item View Item