Pengembangan buku ajar ekologi mangrove berbasis discovery learning untuk meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa pada mata kuliah ekologi kelautan dan wilayah pesisir di Universitas Tadulako / Indri Pratiwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku ajar ekologi mangrove berbasis discovery learning untuk meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa pada mata kuliah ekologi kelautan dan wilayah pesisir di Universitas Tadulako / Indri Pratiwi

Pratiwi, Indri (2018) Pengembangan buku ajar ekologi mangrove berbasis discovery learning untuk meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa pada mata kuliah ekologi kelautan dan wilayah pesisir di Universitas Tadulako / Indri Pratiwi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Pratiwi Indri. 2018. Tesis Pengembangan Buku Ajar Ekologi Mangrove Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa Pada Mata Kuliah Ekologi Kelautan Dan Wilayah Pesisir Di Universitas Tadulako Jurusan Pendidikan Biologi Progam Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Fatchur Rohman M.Si (2) Dra. Dwi Listyorini M.Si D.Sc Kata Kunci Pengembangan Buku Ajar Ekologi Mangrove Discovery Learning Pemahaman Konsep Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE (Analyze Development Design Implementation dan Evaluation). Pengembangan buku ajar ekologi mangrove dilatarbelakangi oleh ketidak tersedianya bahan ajar pendukung matakuliah Ekologi Kelautan dan Wilayah Pesisir terkhusus materi mangrove. Materi buku ajar yang dikembangkan bersumber dari penelitian deskriptif kuantitatif yaitu struktur dan komposisi komunitas mangrove di Desa Tada Selatan Sulawesi Tengah. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut 1) menghasilkan produk berupa Buku Ajar untuk matakuliah Ekologi kelautan dan wilayah pesisir 2) menguji kevalidan Buku Ajar untuk matakuliah Ekologi kelautan dan wilayah pesisir berdasarkan hasil penilaian ahli (expert appraisal) 3) menguji kepraktisan Buku Ajar untuk matakuliah Ekologi kelautan dan wilayah pesisir berdasarkan hasil uji coba rancangan produk pengembangan (developmental testing) dan 4) menguji keefektifan Buku Ajar untuk matakuliah Ekologi kelautan dan wilayah pesisir terhadap pemahaman konsep mahasiswa berdasarkan hasil uji coba rancangan produk pengembangan (developmental testing). Hasil penelitian berupa buku ekologi yang dikembangkan berdasarkan pada hasil penelitian mangrove di Desa Tada Selatan Sulawesi Tengah. Buku ajar yang dikembangkan telah valid sehingga layak dipergunakan pada matakuliah Ekologi Kelautan dan Wilayah Pesisir setelah dilakukan revisi. Buku ajar yang dikembangkan sangat praktis (91 2%) dipergunakan pada matakuliah Ekologi Kelautan dan Wilayah Pesisir. Buku ajar yang dikembangkan cukup efektif meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa pada matakuliah Ekologi Kelautan dan Wilayah Pesisir (gain score sebesar 0.34).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60791

Actions (login required)

View Item View Item