Penerapan Student Team Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan penguasaan konsep siswa pada materi sistem pertahanan tubuh kelas XI IPA 2 SMA Negeri 3 Salahutu Kabupaten Maluku Tengah / Melati. I. S. Umarella - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan Student Team Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan penguasaan konsep siswa pada materi sistem pertahanan tubuh kelas XI IPA 2 SMA Negeri 3 Salahutu Kabupaten Maluku Tengah / Melati. I. S. Umarella

Umarella, Melati I.S. (2018) Penerapan Student Team Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan penguasaan konsep siswa pada materi sistem pertahanan tubuh kelas XI IPA 2 SMA Negeri 3 Salahutu Kabupaten Maluku Tengah / Melati. I. S. Umarella. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Melati.I.S.Umarella. 2013. Penerapan Student Team Achievement Division Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa dan Penguasaan Konsep Terhadap Materi Sistem Pertahanan Tubuh di Kelas XI IPA SMA Negeri 3 Salahutu Kabupaten Maluku Tengah. Tesis Program Studi Pendidikan Biologi Pascasarjana Universitas Negeri Malang.Pembimbing (1) Dr. Ibrohim M.Si. (II) Dwi Listyorini M.Si D. Sc Kata kunci Student Team Achievement Division (STAD) keterampilan berpikir kritis penguasaan konsep Kehidupan dalam era globalisasi dipenuhi oleh kompetisi-kompetisi yang sangat ketat. Bahwa kurikulum sekarang menekankan pembelajaran yang tertuju pada siswa serta pengembangan kompetisi siswa secara menyeluruh pada aspek sikap pengetahuan dan keterampilan. Keterampilan berpikir kritis dan penguasaan konsep terhadap materi sistem pertahanan tubuh di kelas IX IPA2 merupakan materi penting untuk dapat dipahami oleh siswa antara lain antigen dan antibodi dan materi lainnya. Beberapa penyebab kelemahan terhadap keterampilan berpikir kritis dan penguasaan konsep siswa adlah (1) Ketiadaan media pembelajaran yang digunakan seperti infokus dll (2) Pembelajaran berpusat kepada guru seingga siswa kurang aktif (3) siswa kurang memperoleh kesempatan dalam proses pembelajaran (4) data kelas menunjukkan bahwa ketuntasn belajar klasikal masih 72 78%. Penelitian ini bertujuan untuk mendekripsikan penerapan model pembelajaran STAD untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan penguasaan konsep siswa terhadap materi sistem pertahanan tubuh pada siswa kelas XI IPA2 SMAN 3 Salahutu. Pendekatan penelitian ini yang digunakan adalah pendekatan kualitatf dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Pemberian tindakan pada siklus pertama terdiri dari 1 pertemuan. Pada siklus pertama fokus pada pelaksanaan pembelajaran dilakukakan dengan (1) Siswa memahami (Preview) informasi terkait dengan materi yang diajarkan oleh guru (2) Guru membagikan kelompok secara heterogen (3) Guru memberikan bacaan terkait dengan materi yang diajarkan yaitu sistem pertahanan tubuh (4) Siswa melakukan diskusi dengan teman sekelompoknya guna mencari masalah yang terdapat diadalam bacaan (5) kelompok yang bersedia melakukan presentasi (6) Siswa/ kelompok mengajukkan pertanyaan kepada kelompok yang melakukan presentasi (7) siswa meefleksi dengan kembali tentang materi tersebut dengan materi. Kegiatan akhir dilakukan dengan mengarahkan dan membimbing siswa membuat kesimpulan terkait dengan materi yang diajari. Meskipun pelaksanaan pembelajaran pada siklus I sudah sangat baik namun ketercapaian ketuntasan belajar klasikal masih 81 25% dan belum memenuhi KKM yang ditentukan sekolah yaitu minimal 85% dari keseluruhan siswa yang memperoleh nilai tes akhir siklus lebih dari atau sama dengan 75. Pada siklus kedua seteah melaksanakan hasil refleksi dari siklus pertama memberi kesempatan lebih banyak pada siswa berkemampuan rendah untuk lebih aktif. Hasil tes akhir siklus kedua ketuntasan belajar klasikal mencapai 93 75% atau memenuhi ketuntasan belajar klasikal yang ditentukan sekolah. Penelitian menunjukan bahwa (1) Guru dapat menerapkan model pembelajaran STAD pada materi sistem pertahanan tubuh (2) respon siswa pada penerapan model pembelajaran STAD pada materi sistem pertahanan tubuh sangat posiitif atrinya siswa tertarik termotivasi aktif senang serta antusias karena materi sistem pertahanan tubuh dapat dipelajari secara konkrit. (3) data skor tes akhir siklus pertama diperoleh skor rata-rata 79 64 dengan ketuntasan klsikal sebesar 81 25% pada siklus kedua diperoleh skor rata0rata85 38 dengan ketuntasan klasikal masing-masing sebesar 7 21 dan15 39% hal ini mengidentifikasikan bahwa setelah pembelajaran menggunakan penerapan model pembelajaran STAD siswa kelas XI IPA2 SMA Negeri 3 salahutu dapat berpikit kritis dan menguasai konsep materi sistem pertahanan tubuh.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60786

Actions (login required)

View Item View Item