Pengaruh project based learning terhadap kemampuan membaca artikel penelitian, kemampuan merancang percobaan, dan sikap terhadap penelitian mahasiswa Biologi tahun kedua Universitas Negeri Malang / Dian Tauhidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh project based learning terhadap kemampuan membaca artikel penelitian, kemampuan merancang percobaan, dan sikap terhadap penelitian mahasiswa Biologi tahun kedua Universitas Negeri Malang / Dian Tauhidah

Tauhidah, Dian (2018) Pengaruh project based learning terhadap kemampuan membaca artikel penelitian, kemampuan merancang percobaan, dan sikap terhadap penelitian mahasiswa Biologi tahun kedua Universitas Negeri Malang / Dian Tauhidah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Tauhidah Dian. 2018. Pengaruh Project-based Learning terhadap Kemampuan Membaca Artikel Penelitian Kemampuan Merancang Percobaan dan Sikap terhadap Penelitian Mahasiswa Biologi Tahun Kedua Universitas Negeri Malang. Tesis Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dra. Herawati Susilo M.Sc. Ph.D. (2) Dr. Hadi Suwono M.Si. Kata kunci project-based learning kemampuan membaca artikel penelitian kemampuan merancang percobaan sikap terhadap penelitian Pengalaman meneliti dapat mengembangkan berbagai keterampilan mahasiswa baik dalam pembelajaran maupun dalam kehidupan sehari-hari untuk mempersiapkan masa depannya ketika bekerja maupun melanjutkan jenjang sekolahnya. Beberapa keterampilan penting yang dapat dikembangkan melalui pemberian pengalaman meneliti yaitu kemampuan membaca artikel penelitian kemampuan merancang percobaan dan sikap terhadap penelitian. Beberapa perguruan tinggi memberikan pengalaman meneliti baru pada tahun ketiga mahasiswa padahal pengalaman meneliti perlu diberikan secara bertahap agar mahasiswa dapat memahaminya dengan maksimal. Salah satu model pembelajaran yang dapat memberikan pengalaman meneliti dan cocok digunakan bagi mahasiswa awal tahun yaitu model project-based learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan membaca artikel penelitian kemampuan merancang percobaan dan sikap terhadap penelitian mahasiswa biologi tahun kedua Universitas Negeri Malang melalui penerapan model inkuiri terbimbing project-based learning dan project-based learning yang disertai analisis artikel penelitian. Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian nonequivalent pretest-posttest control-group design. Populasi penelitian yaitu seluruh mahasiswa biologi tahun kedua Universitas Negeri Malang yang berjumlah 200 mahasiswa. Sampel diambil berdasarkan uji kesetaraan mahasiswa dan diperoleh tiga kelas perlakuan dengan jumlah mahasiswa sebanyak 85. Teknik pembagian perlakuan pada sampel menggunakan cluster random sampling sehingga diperoleh tiga kelas penelitian dengan tiga perlakuan berbeda yaitu kelas B sebagai kelas eksperimen dengan penerapan model project-based learning disertai analisis artikel penelitian kelas A sebagai kelas kontrol positif dengan penerapan model project-based learning dan kelas G sebagai kelas kontrol negatif dengan penerapan model inkuiri terbimbing. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes uraian yang telah divalidasi oleh validator ahli dan diuji tingkat validitas dan reliabilitasnya. Uji hipotesis menggunakan uji analisis statistika ANCOVA dengan uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Data tidak normal dianalisis menggunakan uji statistika non parametrik Quade s Rank Analysis of Covariance. Analisis lebih lanjut dilakukan pada data tiap indikator untuk mengetahui perbedaan pengaruh perlakuan pada setiap indikator variabel terikat. Analisis yang digunakan yaitu uji t berpasangan untuk data berdistribusi normal dan uji Wilxocon untuk data tidak berdistribusi normal. Simpulannya yaitu ada perbedaan signifikan pada kemampuan membaca artikel penelitian dan kemampuan merancang percobaan mahasiswa pada ketiga model pembelajaran. Project-based learning disertai analisis artikel memiliki hasil peningkatan terbesar kemudian diikuti project-based learning dan peningkatan terkecil pada inkuiri terbimbing. Sikap terhadap penelitian mahasiswa menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan dari ketiga model pembelajaran karena waktu pelaksanaan penelitian yang kurang panjang. Hasil penelitian diharapkan dapat menjadi pertimbangan perguruan tinggi untuk menyisipkan pengalaman meneliti kepada mahasiswa sejak awal tahun.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60780

Actions (login required)

View Item View Item