Pengembangan flipbook elektronik pada pembelajaran literasi subtema peninggalan-peninggalan kerajaan islam di Indonesia untuk kelas V SDN Sawojajar 4 Kota Malang / Khalida Hardani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan flipbook elektronik pada pembelajaran literasi subtema peninggalan-peninggalan kerajaan islam di Indonesia untuk kelas V SDN Sawojajar 4 Kota Malang / Khalida Hardani

Hardani, Khalida (2015) Pengembangan flipbook elektronik pada pembelajaran literasi subtema peninggalan-peninggalan kerajaan islam di Indonesia untuk kelas V SDN Sawojajar 4 Kota Malang / Khalida Hardani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hardani Khalida. 2015. Pengembangan Flipbook Elektonik pada Pembelajaran Literasi Subtema Peninggalan-Peninggalan Kerajaan Islam di Indonesia untuk Kelas V SDN Sawojajar 4 Kota Malang. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Muhana Gipayana M.Pd. (II) Drs. Sumanto M.Pd. Kata Kunci buku elektronik flipbook pembelajaran literasi peninggalan-peninggalan kerajaan Islam di Indonesia SD Belum tersedianya bahan ajar yang dapat membantu siswa untuk menyajikan kembali teks narasi tanpa membuka buku kembali. Selain itu kurangnya kemampuan siswa dalam membaca pemahaman dan menuliskan kembali isi teks. Maka dari itu dikembangkan buku elektronik berbasis flipbook pada pembelajaran literasi yang dapat melatih kemampuan literasi siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) menghasilkan buku elektronik berbasis flipbook pada pembelajaran literasi (2) menguji tingkat kevalidan buku elektronik kepada ahli materi dan ahli TEP (3) menguji tingkat keefektifan buku elektronik serta (4) menguji tingkat keterlaksanaan buku elektronik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah dick and Carrey (1978) sampai langakah kesembilan yaitu yaitu (1) analisis kebutuhan dan tujuan umum (2) analisis pembelajaran (3) analisis pembelajaran dan konteks (4) merumuskan tujuan khusus (5) mengembangkan instrumen penilaian (6) mengembangkan strategi pembelajaran (7) mengembangkan dan memilih bahan pembelajaran (8) merancang dan melakukan evaluasi formatif (9) melakukan revisi. Produk yang dikembangkan berupa buku elektronik berbasis flipbook yang terdiri 4 pembelajaran denagn subtema peninggalan-peninggalan kerajaan Islam di Indonesia. Pada buku elektronik terdapat gambar video evaluasi LKS dan teks narasi. Hasil penelitian ini adalah (1) tingkat kevalidan buku elektronik oleh para ahli menunjukkan pencapaian 89 3% dengan kategori sangat valid dan layak digunakan (2) tingkat keterlaksanaan buku elektronik menunjukkan pencapaian 89 17% dengan kategori sangat valid dan layak digunakan (3) tingkat kefektifan buku elektronik menunjukkan pencapaian 93 72% dengan kategori sangat valid dan layak digunakan. Kesimpulan penelitian ini adalah buku elektronik berbasis flipbook pada pembelajaran literasi dapat memberikan motivasi belajar inovasi pembelajaran literasi. Pengembangan produk ini dapat dikatakan layak digunakan dari segi kevalidan keterlaksanaan dan keefektifan. Disarankan untuk pemanfaatan buku elektronik selanjutnya bagi guru dan siswa melatih penggunaan komputer agar pembelajaran berlangsung dengan maksimal bagi pengembang lain hendaknya alokasi waktu diperhatikan dalam mengerjakan mengunakan microsoft office world dengan memberikan banyak waktu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6078

Actions (login required)

View Item View Item