Analisis protein pili Serratia liquefaciens sebagai kandidat vaksin dan pengembangannya sebagai modul teknik analisis biologi molekuler / Sulfiani Ariyanti

Ariyanti, Sulfiani (2018) Analisis protein pili Serratia liquefaciens sebagai kandidat vaksin dan pengembangannya sebagai modul teknik analisis biologi molekuler / Sulfiani Ariyanti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Ariyanti, Sulfiani. 2018. Analisis Protein Pili Serratia liquefaciens sebagai Kandidat Vaksin dan Pengembangannya sebagai Modul Teknik Analisis Biologi Molekuler. Tesis, Jurusan Pendidikan Biologi, Progam Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Umie Lestari, M.Si, (2) Dr. Endang Suarsini, M.Ked Kata Kunci : analisis protein pili, pengembangan modul, vaksin Pengembangan Modul Teknik Analisis Biologi Molekuler (TABM) oleh belum adanya sumber belajar matakuliah TABM yang disertai dengan contoh-contoh aplikatif untuk memecahkan permasalahan di masyarakat. Mahasiswa menyatakan bahan ajar yang ada memuat materi yang sulit dipahami, belum memuat contoh-contoh penelitian aplikatif di kehidupan sehari-hari, serta belum memuat evaluasi. Modul dipilih sebagai bentuk pengembangan bahan ajar karena bersifat sistematis, lengkap, mendorong mahasiswa belajar mandiri dan memuat contoh kontekstual yaitu berdasarkan prosedur dan hasil penelitian analsis protein pili Serratia liquefaciens sebagai kandidat vaksin. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) menentukan protein pili S. liquefaciens yang berpotensi sebagai kandidat vaksin, 2) menghasilkan produk berupa modul analisis protein pili S. liquefaciens berdasarkan pada hasil penelitian eksploratif laboratorik yang bersifat valid dan praktis. Penelitian yang dilakukan terdiri dari 2 tahap. Tahap I yaitu menganalisis protein pili S. liquefaciens yang berpotensi sebagai kandaidat vaksin melalui penelitian eksploratif laboratorik. Penelitian tahap II yaitu menghasilkan modul analisis protein pili S. liquefaciens. Instumen penilaian modul yaitu lembar validasi dan angket. Subjek penelitian yaitu 2 validator (ahli materi dan ahli pengembangan bahan ajar), praktisi lapangan, dan mahasiswa. Hasil penelitian tahap I menunjukkan bahwa protein pili S. liquefaciens dengan berat molekul 19 kDa memiliki aktivitas fosforilasi sebesar 10,982 x 10-2 μmol/ml/menit dengan kategori rendah serta bukan merupakan glikoprotein, sedangkan protein pili dengan berat molekul 39 kDa memiliki aktivitas fosforilasi sebesar 10,837 x 10-2 μmol/ml/menit dengan kategori rendah dan termasuk glikoprotein. Kedua protein pili tersebut berpotensi sebagai kandidat vaksin. Hasil penelitian tahap II yaitu menghasilkan modul dengan hasil penilaian oleh ahli media sebesar 94,39%, ahli materi sebesar 79,89%, praktisi pembelajaran sebesar 75%, mahasiswa kelompok kecil sebesar 89,67%, dan mahasiswa kelompok sedang sebesar 94,88%. Berdasarkan penilaian buku ajar yang telah dikembangkan tersebut diketahui bahwa buku ajar sudah valid, praktis, dan dapat digunakan dengan mudah oleh mahasiswa, sehingga buku ajar dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60776

Actions (login required)

View Item View Item