Pengembangan e-module berbasis penelitian uji antimikroba bawang putih pada matakuliah Mikrobiologi untuk mahasiswa S1 Universitas Negeri Malang / Rochmatul Ummah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-module berbasis penelitian uji antimikroba bawang putih pada matakuliah Mikrobiologi untuk mahasiswa S1 Universitas Negeri Malang / Rochmatul Ummah

Ummah, Rochmatul (2018) Pengembangan e-module berbasis penelitian uji antimikroba bawang putih pada matakuliah Mikrobiologi untuk mahasiswa S1 Universitas Negeri Malang / Rochmatul Ummah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Ummah Rochmatul. 2018. PengembanganE-moduleBerbasisPenelitianUjiAntimikrobaBawangPutihpadaMatakuliahMikrobiologiuntukMahasiswa S1 UniversitasNegeri Malang. Tesis JurusanPendidikanBiologi Program PascasarjanaUniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Dr. EndangSuarsini M.Ked. (2) Dr. Sri Rahayu Lestari M.Si. Kata kunci E-module Mikrobiologi UjiAntimikroba MikrobiologimerupakansalahsatucabangBiologi yang membahasmengenaimikrobadengansegalaperanannyabagimakhlukhidup. Pembelajaran mikrobiologiakanlebihbaikapabiladidukungdengansumberbelajar yang baikkarenasecaratidaklangsungsumberbelajar yang digunakandapatmempengaruhihasilbelajarmahasiswa. PenelitianinibertujuanuntukmengembangkanE-modulepadamaterimikrobiologikesehatandanuntukmengetahuikualitasE-moduleberdasarkanaspekkelayakan kepraktisan dankeefektifan. Penelitianinimerupakanpenelitianpengembangan yang mengadaptasipada model pengembangan ADDIE yang memiliki 5 tahapanyaituanalyze (menganalisis) design (perancangan) development (pengembangan) implementation (implementasi) danevaluate (evaluasi). Subjek yang digunakanuntukujiperoranganberjumlah 2 mahasiswa ujikelompokkecilberjumlah 15 mahasiswa S1 PendidikanBiologi semester VI danujikelompokbesarberjumlah33 mahasiswa S1 PendidikanBiologisemester IVdi UniversitasNegeri Malang. Instrumen yang digunakanadalahlembarvalidasioleh validator ahli media materidanpraktisilapangan lembarkepraktisanolehmahasiswa dantessebelumdansesudah pembelajaran mikrobiologikesehatanyang dilakukandenganmenggunakanE-module. E-module yang dihasilkandinilai valid danlayakuntukdigunakandenganpersentasedariahlimateriadalah 95% dariahli media sebesar 99% dandaripraktisilapangansebesar 91%. E-modulekemudiandinilaipraktisdenganpencapaianpersentasedariujiperorangansebesar 90% ujikelompokkecil 90% danujikelompokbesar 88%. E-modulejugadinilaiefektifpadamaterimikrobiologikesehatandilihatdariadanyapeningkatannilaihasilbelajarkognitifmahasiswasebesar 1.5684 yang dikategorikansangatbaik reratanilaihasilbelajarafektifaspeksikap spiritual 88 11 dikategorikansangatbaik sikapjujursebesar 94 22 dengankategorisangatbaik disiplinsebesar 95 76 yang dikategorikansangatbaikdansikapkerjasamasebesar 90 24 yang dikategorikansangatbaik. Reratanilaihasilbelajarpsikomotoriksebesar 90 92 yang dikategorikansangatbaik. SimpulandaripenelitianpengembanganiniadalahE-module yang dikembangkanlayak praktis danefektifdigunakansebagaisumberbelajarmatakuliahmikrobiologipadamaterimikrobiologikesehatan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60772

Actions (login required)

View Item View Item