Kesulitan-kesulitan guru kelas I dan IV dalam menerapkan kurikulum 2013 di SD se-Kota Malang / Rohmaniyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Kesulitan-kesulitan guru kelas I dan IV dalam menerapkan kurikulum 2013 di SD se-Kota Malang / Rohmaniyah

Rohmaniyah (2015) Kesulitan-kesulitan guru kelas I dan IV dalam menerapkan kurikulum 2013 di SD se-Kota Malang / Rohmaniyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rohmaniyah. 2015. Kesulitan-Kesulitan Guru Kelas I dan IV dalam Menerapkan Kurikulum 2013 di SD Se-Kota Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra.Harti Kartini M.Pd (2) Dra. Sri Harmini S.Pd M.Pd. Kata Kunci Kesulitan guru SD Kurikulum 2013 Berdasarkan wawancara pada tanggal 12 november 2014 di SDN Madyopuro 4 Malang ditemukan fakta bahwa dalam menerapkan Kurikulum 2013 guru mengalami kesulitan. Kesulitan yang dialami yaitu dalam mengaktifkan siswa melalui pembelajaran berbasis saintifik dan dalam melakukan penilaian. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan kesulitan-kesulitan guru Kelas I dan IV dalam menerapkan Kurikulum 2013 dan usaha yang dilakukan untuk mengatasinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi berjumlah 59orang terdiri dari guru Kelas I dan IVSD rintisan pemerintah yang menerapkan Kurikulum 2013 danditetapkan sebagaisampel total. Data dikumpulkan dengan angket dan wawancara bebas. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dengan persentase dan disajikan dalam bentuk tabel dan diagram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hampir seluruh guru (93%) SD rintisan yang menerapkan Kurikulum 2013 telah mengikuti pelatihan bahkan 76% mengikuti lebih dari sekali meskipun demikian hasil angket menunjukkan beberapa guru SD Kelas I dan IV masih menyatakan sulit dalam menerapkan Kurikulum 2013 yaitu 40% dalam memahami Kurikulum 2013 39% dalam merencanakan pembelajaran 36% dalam melaksanakan pembelajaran 41% dalam melakukan penilaian dan usaha yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan diantaranya mengikuti pelatihan implementasi Kurikulum 2013 sharing antar guru dalam KKG dan mempelajari panduan teknis Implementasi Kurikulum 2013 SD. Berdasarkan temuan di atas dapat disimpulkan bahwa kesulitan yang dialami guru SD Kelas I dan IV Se-Kota Malang dalam menerapkan Kurikulum 2013 masih cukup tinggi. Saran peneliti 61498 1) kepala sekolah hendaknya melakukan kunjungan kelas secara intensif untuk memonitor guru dalam melaksanakan pembelajaran penilaian dan penyusunan RPP dan 2) bagi guru perlu menambah wawasan dari berbagai sumber untuk mengatasi kesulitan yang dialami melalui memperbaruhi informasi dan aturan-aturan terkait Implementasi Kurikulum 2013 di SD.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6076

Actions (login required)

View Item View Item