Meko, Apriyane S. (2018) Hubungan keterampilan metakognitif dan berpikir kreatif terhadap hasil belajar dan retensi siswa SMA kelas X melalui penerapan Reading Questioning and Answering (RQA) di Kota Malang / Apriyane S. Meko. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Meko Apriyane Sofia.2018. Hubungan Keterampilan Metakognitif dan Berpikir Kreatif Terhadap Hasil Belajar dan Retensi Siswa SMA Kelas X Melalui Penerapan Reading Questioning and Answering (RQA) di Kota Malang. Tesis. Program Studi Pendidikan Biologi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Aloysius Duran Corebima M.Pd. (2) Prof. Dr. Siti Zubaidah M.Pd Kata Kunci keterampilan metakognitif berpikir kreatif Hasil Belajar Retensi Reading Questioning and Answering (RQA). Pendidikan abad 21 memperhatikan keterampilan sebagai usaha dalam pencapaian hasil belajar yang baik bagi siswa diera keemasan ini. Keterampilan berpikir tingkat tinggi seperti metakognitif dan berpikir kreatif juga dapat diterapkan pada pembelajaran dan diyakini dapat membantu siswa mencapai hasil belajar yang baik. Penelitian terdahulu telah banyak yang mengkaji hubungan keterampilan metakognitif dan hasil belajar siswa namun masih sedikit sekali kajian terkait hubungan berpikir kreatif dan hasil belajar pada pembelajaran biologi. Penelitian sebelumnya juga belum ada yang mengaitkan hubungan keterampilan metakgnitif dan berpikir kreatif terhadap hasil belajar maupun retensi siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan keterampilan metakognitif dan berpikir kreatif terhadap hasil belajar dan retensi siswa melalui penerapan strategi Reading Questioning and Answering (RQA). Rancangan penelitian dalam penelitian ini adalah deskriptif-korelasional dimana keterampilan metakognitif dan berpikir kreatif sebagai prediktor dan hasil belajar dan retensi sebagai kriterium. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMA di kota Malang. Sampel penelitian adalah siswa kelas X MIA-2 MIA-3 dan MIA-4 semester genap tahun ajaran 2016/2017 dan MIA-2 MIA-3 MIA 4 semester ganjil tahun ajaran 2017/2018 SMA Negeri 9 Malang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah rubrik keterampilan metakognitif rubrik berpikir kreatif dan hasil belajar serta retensi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara keterampilan metakognitif dan berpikir kreatif terhadap hasil belajar dan tidak ada hubungan terhadap retensi siswa. Hasil penelitian di semester genap keterampilan metakognitif dan berpikir kreatif memberikan sumbangan sebesar 6 98% dan tidak ada sumbangan dari kedua variabel terhadap retensi siswa. Hasil penelitian semester ganjil keterampilan metakognitif dan berpikir kreatif memberikan sumbangan sebesar 8 38% dan tidak ada sumbangan kedua variabel terhadap retensi siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan bagi pendidik agar proses pembelajaran lebih ditekankan pada pemberdayaan keterampilan metakognitif dan keterampilan berpikir kreatif karena sangat baik untuk pencapaian keberhasilan siswa. Bagi peneliti selanjutnya agar meneliti tentang hubungan keterampilan metakognitif dan keterampilan berpikir kreatif terhadap hasil belajar dan retensi ataupun variabel lainnya pada model pembelajaran yang sama atau berbeda.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 May 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/60756 |
Actions (login required)
View Item |