Pengaruh Model Pembelajaran Predict Observe Explain (POE) terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Retensi Siswa SMA Di Kota Malang / Frengky Neolaka - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh Model Pembelajaran Predict Observe Explain (POE) terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Retensi Siswa SMA Di Kota Malang / Frengky Neolaka

Neolaka, Frengky (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Predict Observe Explain (POE) terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Retensi Siswa SMA Di Kota Malang / Frengky Neolaka. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK N Frengky. 2018. Pengaruh Model PembelajaranPredict Observe Explain (POE) terhadapKeterampilanBerpikirKreatifdanRetensiSiswa SMA Di Kota Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Aloysius Duran Corebima M. Pd (II) Prof. Dr. SitiZubaidah M. Pd Kata Kunci Model pembelajaranPredict Observe Explain (POE) keterampilanberpikirkreatif retensi Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhpenerapanmodel pembelajaranPOEterhadapketerampilanberpikirkreatifdanretensisiswaSMA di Kota Malang. Penelitianinitermasukdalamquasi experiment yang dilakukan 2 kali padasampeldanmateri yang berbeda desainpenelitiannyaPretest PosttestNonequivalent Control Design.Populasipenelitianiniyakniseluruhsiswakelas X SMA Negeri 5 dan SMA Negeri 9 Malang semester ganjiltahunpelajaran 2016/2017 dan semester genapTahunPelajaran 2017/2018.Sampelpadapenelitianpertamaadalahsiswakelas X H2 SMA 5 Malang menjadikelaseksperimendansiswakelas X F2 SMAN 9 Malang sebagaikelaskontrol sedangkanpenelitiankeduasampelyang digunakanadalahkelas X F1 SMAN 5 Malang sebagaikelaseksperimendankelas G1 SMAN 9 Malang sebagaikelaskontrol.Teknikpenentuansampelmenggunakansimple random sampling sebelumpenentuansampeldilakukanujikesetaraanuntukmenyetarakantingkatkognitif.Pengumpulan data menggunakansoaluraiantertulis.HipotesispenelitiandiujidenganmenggunakanAnakova. SebelumdilakukanujihipotesisterlebihdahuludilakukanujinormalitasmenggunakanOne Sample Kolmogorov SmirnovdanujihomogenitasmenggunakanLevene Test of Equality of Error Variances. HasilujiAnakova data hasilpenelitiandanpembahasan dapatdisimpulkanbahwamodel pembelajaran POE padapenelitianpertamalebihtinggidalammeningkatkanketerampilanberpikirkreatifsiswasebesar 46 65% jikadibandingkandenganpenelitiankeduasebesar 17 07%. Hasiltemuanpenelitijugamenunjukkan model POE berpotensi paling tinggidalammemberdayakanketerampilanberpikirkreatifsiswajikadibandingkandengan model pembelajarankonvensionalpadapenelitianpertamamaupunpenelitiankedua. Hasilujianakovamenunjukkanbahwamodel pembelajaranberpengaruhterhadapretensisiswapadapenelitianpertamasebesar 16 13% jikadibandingkandenganpembelajarankonvensional namunpadapenelitiankedua model pembelajaran POE tidakberpengaruhterhadapretensiataubelummeningkatkanretensisiswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Apr 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60752

Actions (login required)

View Item View Item