Pengaruh model pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) dipadu model pembelajaran Reading, Questioning, Answering (RQA) terhadap keterampilan metakognitif dan retensi siswa SMA pada pembelajaran biologi di Kota Malang / Maria Yasintha Afoan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) dipadu model pembelajaran Reading, Questioning, Answering (RQA) terhadap keterampilan metakognitif dan retensi siswa SMA pada pembelajaran biologi di Kota Malang / Maria Yasintha Afoan

Afoan, Maria Yasintha (2018) Pengaruh model pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) dipadu model pembelajaran Reading, Questioning, Answering (RQA) terhadap keterampilan metakognitif dan retensi siswa SMA pada pembelajaran biologi di Kota Malang / Maria Yasintha Afoan. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Afoan Maria Yasintha. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Survey Questions Reading Recite Review (SQ3R) dipadu Model Pembelajaran Reading Questions Answering (RQA) terhadapap Keterampilan Metakognitif dan Retensi Siswa SMA pada Pembelajaran Biologi di Kota Malang. Tesis. Program Studi Pendidikan Biologi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Aloysius Duran Corebima M.Pd. (2) Dr. Abdul Gofur M.Si. Kata Kunci Model Pembelajaran SQ3R RQA SQ3R dipadu RQA Keterampilan Metakognitif Retensi. Keterampilan metakognitif merupakan kemampuan seseorang untuk mengetahui peran utamanya sebagai pembelajaran yang mencakup bagaimana proses belajar yang akan dilakukan sehingga siswa mampu untuk menyelesaikan tugas- tugasnya dalam pembelajaran. Keterampilan metakognitif pada dasarnya meliputi tiga tahapan aktivitas kognitif yaitu perencanaan diri (self-planning) pengontrolan diri (self-monitoring) dan penilaian diri (self-evaluation). Pemberdayaan keterampilan ini juga diyakini mempengaruhi daya retensi sebab keterampilan ini juga berkaitan dengan perhatian ingatan pemecahan masalah kesadaran sosial dan beberapa variasi pada self-control dan self-instruction. Pemberdayaan keterampilan metakognitif dapat dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SQ3R dipadu RQA terhadap keterampilan metakognitf dan retensi siswa pada pembelajaran biologi di kota Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pengembangan dan quasi experiment. Rancangan penelitian pengembangan digunakan untuk mengembangkan model pembelajaran SQ3R dipadu RQA. Pengembangan model pembelajaran ini merujuk pada model pengembangan Plomp. Sedangkan rancangan quasi eksperiment digunakan untuk menguji pengaruh model pembelajaran SQ3R dipadu RQA terhadap keterampilan metakognitif dan retensi siswa pada pembelajaran biologi di kota Malang. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 kali dengan menggunakan sekolah yang sama.Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Data penelitian 1 dan penelitian 2 dianalisis secara terpisah sebab sampel dan kelas yang digunakan pada penelitian 1 dan penelitian 2 berbeda. Sampel yang digunakan pada kedua penelitian ini dipilih berdasarkan hasil uji kesetaraan. Data dianalisis dengan statistik inferensial analisis kovarian (ANAKOVA) dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian awal menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran SQ3R dipadu RQA berpengaruh terhadap keterampilan metakognitif siswa. Model ini memiliki potensi yang tinggi dalam memberdayakan keterampilan metakognitif siswa sebesar 42 32% dan pada penelitian lanjutan sebesar 78 47 % bila dibandingkan model pembelajaran SQ3R RQA dan konvensional. Selanjutnya Penerapan model pembelajaran SQ3R dipadu RQA berpengaruh terhadap retensi siswa. Model ini memiliki potensi yang tinggi dalam memberdayakan retensi siswa vii pada penelitian awal sebesar 15 29 % jika dibandingkan dengan model SQ3R. RQA dan konvensional. Namun pada penelitian lanjutan penerapan model pembelajaran SQ3R dipadu RQA tidak memiliki pengaruh retensi hasil belajar kognitif siswa

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Apr 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60750

Actions (login required)

View Item View Item