Penerapan model pembelajaran peta konsep untuk meningkatkan aktivitas siswa dan penguasaan materi IPS kelas III di SDN Percobaan 2 Kota Malang / Dwi Pujiastutik - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran peta konsep untuk meningkatkan aktivitas siswa dan penguasaan materi IPS kelas III di SDN Percobaan 2 Kota Malang / Dwi Pujiastutik

Pujiastutik, Dwi (2015) Penerapan model pembelajaran peta konsep untuk meningkatkan aktivitas siswa dan penguasaan materi IPS kelas III di SDN Percobaan 2 Kota Malang / Dwi Pujiastutik. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pujiastutik Dwi. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Peta Konsep Untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa dan Penguasaan Materi IPS Kelas III SDN Percobaan 2 Kota Malang. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Toha Mashudi S.Pd M.Pd. (2) Dra. Hj. Sri Sugiharti M.Pd. Kata kunci Model Peta Konsep Aktivitas Siswa Penguasaan Materi IPS SD Pembelajaran IPS dirancang untuk mengembangkan pengetahuan pemahaman dan kemampuan analisis terhadap kondisi sosial masyarakat dalam memasuki kehidupan bermasyarakat yang dinamis. Berdasarkan observasi yang dilakukan dengan guru kelas III di SDN Percobaan 2 Kota Malang tentang pembelajaran IPS diketahui beberapa permasalahan yang dihadapi pada pembelajaran di kelas tersebut diantaranya (1) Guru masih menggunakan metode ceramah (2) Interaksi guru dan siswa selama pembelajaran IPS masih satu arah (3) Pada saat siswa diberikan kesempatan bertanya hanya ada tiga siswa yang mengajukan pertanyaan dan banyak siswa yang diam (4) Rata-rata hasil belajar yang diperoleh kurang dari KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan (1) Penerapan model pembelajaran peta konsep dalam materi mengenal sejarah uang kelas III di SDN Percobaan 2 (2) Aktivitas siswa dalam penerapan model pembelajaran peta konsep pada materi mengenal sejarah uang kelas III SDN Percobaan 2 (3) Penguasaan materi mengenal sejarah uang pada model pembelajaran peta konsep siswa kelas III SDN Percobaan 2. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan dekriptif kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Rancangan penelitian dilaksanakan secara bersiklus meliputi (1) perencanaan (2) tindakan dan pengamatan (3) refleksi (4) memperbaiki perencanaan. Subyek penelitian ini adalah 27 siswa kelas III SDN Percobaan 2 Kota Malang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi wawancara dokumentasi dan tes. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data bahwa guru telah melaksanakan pembelajaran sesuai dengan langkah-langkah peta konsep. Penerapan model pembelajaran peta konsep dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Pada siklus 1 pertemuan 1 51 4 dan pada pertemuan 2 menjadi 58 1. Pada siklus 2 pertemuan 1 mencapai 73 1 dan pada pertemuan 2 menjadi 80 3. Penerapan model pembelajaran peta konsep terbukti dapat meningkatkan penguasaan materi belajar siswa. Rata-rata penguasaan materi pra tindakan 52 6 Siklus 1 71 3 Siklus 2 85 4. Secara klasikal keberhasilan siswa pada siklus 2 ini mencapai 88 9%. Kesimpulan penelitian menyatakan bahwa penerapan model pembelajaran peta konsep dapat meningkatkan aktivitas dan penguasaan materi IPS siswa kelas III SDN Percobaan 2 Kota Malang materi pokok sejarah uang. Hasil penelitian ini memiliki harapan agar model pembelajaran peta konsep dapat diterapkan dalam pembelajaran IPS khususnya materi sejarah uang sehingga pembelajaran akan lebih bermakna bagi siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6075

Actions (login required)

View Item View Item