Kajian daya antagonis kapang Trichoderma viride, Trichoderma harzianum dan Trichoderma atroviride serta mekanisme antagonismenya terhadap kapang patogen Pyricularia oryzae sebagai materi handout mikologi / Gilang Kurniawan

Kurniawan, Gilang (2018) Kajian daya antagonis kapang Trichoderma viride, Trichoderma harzianum dan Trichoderma atroviride serta mekanisme antagonismenya terhadap kapang patogen Pyricularia oryzae sebagai materi handout mikologi / Gilang Kurniawan. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kurniawan, G. 2018. Kajian Daya Antagonis Kapang Trichoderma viride, Trichoderma harzianum dan Trichoderma atroviride serta Mekanisme Antagonismenya terhadap Kapang Patogen Pyricularia oryzae sebagai Materi Handout Mikologi. Tesis. Program Studi Pendidikan Biologi, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Dra. Utami Sri Hastuti, M.Pd., (2) Dr. Sueb, M.Kes. Kata Kunci: daya antagonis, kapang antagonis, kapang patogen, mekanisme antagonisme, handout mikologi Pembelajaran matakuliah Mikologi pada materi antagonisme antar kapang di Universitas Negeri Malang kurang menggunakan bahan ajar yang bervariasi dan berbasis pada hasil penelitian. Hasil analisis kebutuhan menunjukkan bahwa mahasiswa membutuhkan bahan ajar berupa handout yang memuat petunjuk praktikum dan berbasis hasil penelitian tentang antagonisme antar kapang. Penelitian ini terdiri dari: penelitian ekperimen dan penelitian pengembangan untuk menyusun handout Mikologi. Tujuan penelitian ini untuk: (1) menghasilkan handout berdasarkan hasil penelitian eksperimen tentang kajian daya antagonis antar kapang untuk matakuliah Mikologi yang valid dan efektif digunakan oleh para mahasiswa, (2) meneliti perbedaan daya antagonis spesies kapang Trichoderma viride, Trichoderma harzianum dan Trichoderma atroviride terhadap kapang Pyricularia oryzae, (3) menentukan spesies Trichoderma sp yang memiliki daya antagonis tertinggi terhadap kapang Pyricularia oryzae, (4) mengkaji mekanisme antagonisme antara kapang Trichoderma viride, Trichoderma harzianum dan Trichoderma atroviride terhadap Pyricularia oryzae melalui pengamatan makroskopis dan mikroskopis menggunakan mikroskop cahaya dan mikroskop elektron (SEM). Penelitian pengembangan untuk menyusun handout merujuk pada model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap Analyze, Design, Develop, Implement dan Evaluate. Penelitian dilaksanakan mulai bulan Agustus sampai November 2017. Penelitian eksperimen dilakukan di Laboratorium Mikrobiologi jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang dan Laboratorium Sentral Mineral Maju FMIPA Universitas Negeri Malang. Handout divalidasi oleh para validator dan diuji keterbacaan dan efektivitasnya oleh para mahasiswa jurusan Biologi Universitas Negeri Malang yang sedang menempuh matakuliah mikologi. Hasil penelitian ini ialah: (1) handout antagonisme antara kapang Trichoderma viride dan Trichoderma harzianum terhadap kapang Pyricularia oryzae yang dikembangkan telah tersusun dan dinilai valid dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa berdasarkan hasil pretes dan postes, (2) Hasil uji daya antagonis menunjukkan perbedaan daya antagonis dari ketiga spesies kapang Trichoderma yang diuji, dengan daya antagonis tertinggi dimiliki oleh kapang T. harzianum terhadap kapang P. oryzae, (3) mekanisme antagonisme yang terjadi antara kapang T. viride, T. harzianum dan T. atroviride terhadap P. oryzae berupa kompetisi terhadap nutrisi dan ruang, antibiosis dan mikoparasitisme.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Mar 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60749

Actions (login required)

View Item View Item