Pengaruh model pembelajaran ricosre dan gender terhadap keterampilan berpikir kritis, keterampilan memacahkan masalah dan hasil belajar kognitif siswa kelas XI di SMAN di Kota Malang / Tri Maniarta Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran ricosre dan gender terhadap keterampilan berpikir kritis, keterampilan memacahkan masalah dan hasil belajar kognitif siswa kelas XI di SMAN di Kota Malang / Tri Maniarta Sari

Sari, Tri Maniarta (2018) Pengaruh model pembelajaran ricosre dan gender terhadap keterampilan berpikir kritis, keterampilan memacahkan masalah dan hasil belajar kognitif siswa kelas XI di SMAN di Kota Malang / Tri Maniarta Sari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sari Tri Maniarta. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Ricosre dan Gender terhadap Keterampilan Memecahkan Masalah Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas XI SMA Negeri Kota Malang. Tesis Program Studi Pendidikan Biologi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Susriyati Mahanal M.Pd. (II) Prof. Dr. Hj. Siti Zubaidah M.Pd. Kata Kunci keterampilan memecahkan masalah keterampilan berpikir kritis hasil belajar kognitif Ricosre gender Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mengetahui adanya perbedaan keterampilan memecahkan masalah keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Ricosre dan pembelajaran konvensional 2) mengetahui adanya perbedaan keterampilan memecahkan masalah keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif antara siswa pada gender yang berbeda dan 3) mengetahui adanya pengaruh interaksi antara model pembelajaran biologi berbasis Ricosre dengan gender terhadap keterampilan memecahkan masalah keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain penelitian Non-equivalent Control Group Design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebagai kelas kontrol ialah kelas XI MIA D3 SMA Negeri 4 Malang dan kelas XI MIA E3 SMA Negeri 10 Malang kelas eksperimen ialah kelas XI MIA F3 SMA Negeri 4 Malang dan kelas XI MIA D3 SMA Negeri 10 Malang. Instrumen pengukuran keterampilan memecahkan masalah dan keterampilan berpikir kritis yang digunakan berupa tes essay yang terintegrasi dengan tes hasil belajar kognitif. Rubrik keterampilan memecahkan masalah yang digunakan adalah rubric yang dikembangkan oleh Southern Maine University (2012) rubrik keterampilan berpikir kritis yang dikembangkan oleh Zubaidah dkk. (2015) dan penyekoran hasil belajar kognitif berdasarkan tingkat kognitif Bloom yang telah direvisi oleh Anderson dan Krathwohl (2015). Selanjutnya hasil penelitian yang didapatkan diuji statistik dengan teknik Anacova. Hasil penelitian ini adalah 1) terdapat perbedaan pada keterampilan memecahkan masalah keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa kelas XI SMA Negeri di Kota Malang yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Ricosre dan pembelajaran konvensional. 2) terdapat perbedaan pada keterampilan memecahkan masalah keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif antara siswa dengan gender laki-laki dan siswa perempuan kelas XI SMA Negeri di Kota Malang. 3) terdapat pengaruh interaksi model pembelajaran dengan gender terhadap keterampilan memecahkan masalah dan keterampilan berpikir kritis siswa kelas XI SMA Negeri di Kota Malang dan tidak ada pengaruh interaksi model pembelajaran dengan gender terhadap hasil belajar kognitif

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60745

Actions (login required)

View Item View Item