Pengembangan pembelajaran biologi berbasis keislaman berpendekatan saintek pada materi sistem reproduksi untuk meningkatkan sikap spiritual, keterampilan ilmuah dan penguasaan konsep sswa kelas XI SMA Darut Taqwa Purwosari / Zuhrotul Millah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan pembelajaran biologi berbasis keislaman berpendekatan saintek pada materi sistem reproduksi untuk meningkatkan sikap spiritual, keterampilan ilmuah dan penguasaan konsep sswa kelas XI SMA Darut Taqwa Purwosari / Zuhrotul Millah

Millah, Zuhrotul (2017) Pengembangan pembelajaran biologi berbasis keislaman berpendekatan saintek pada materi sistem reproduksi untuk meningkatkan sikap spiritual, keterampilan ilmuah dan penguasaan konsep sswa kelas XI SMA Darut Taqwa Purwosari / Zuhrotul Millah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Millah Zuhrotul. 2017. Pengembangan Pembelajaran Biologi Berbasis Nilai Keislaman Berpendekatan Saintifik pada Materi Sistem Reproduksi untuk Meningkatkan Sikap Spiritual Keterampilan Ilmiah dan Penguasaan Konsep Siswa Kelas XI SMA Darut Taqwa Purwosari. Tesis Program Studi Pendidikan Biologi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ibrohim M. Si. (II) Dra. Dwi Listyorini M. Si D. Sc. Kata Kunci sistem reproduksi nilai keislaman pendekatan saintifik sikap spiritual keterampilan ilmiah penguasaan konsep. Sistem Pendidikan Nasional mengamanatkan perlunya integrasi nilai-nilai agama dalam pembelajaran sebagai penguatan terhadap pembentukan karakter siswa dalam menghadapi arus globalisasi dan modernisasi. Kurikulum 2013 menekankan pembelajaran yang berpusat pada siswa serta pengembangan kompetensi siswa secara menyeluruh pada aspek sikap pengetahuan dan keterampilan. Berkaitan dengan alasan tersebut telah dilakukan penelitian pengembangan yang bertujuan mengembangkan pembelajaran biologi berbasis nilai keislaman berpendekatan saintifik pada materi sistem reproduksi serta mengetahui efektifitas produk hasil pengembangan. Penelitian pengembangan ini mengacu pada model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu Analyze Design Develop Implement Evaluate. Pengumpulan data dilakukan melalui beberapa teknik yaitu (1) teknik wawancara dan angket kebutuhan guru dan siswa (2) uji validasi yang melibatkan ahli materi ahli desain pembelajaran ahli praktisi pembelajaran ahli agama islam (3) serta responden siswa. Pengumpulan data untuk mengetahui efektifitas pembelajaran menggunakan produk hasil pengembangan dilakukan dengan analisis statistik data sikap spiritual dan penguasaan konsep siswa dan analisis deskriptif untuk mengetahui tingkat keberhasilan ketercapaian keterampilan ilmiah siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan dapat dilaporkan bahwa (1) telah dihasilkan rancangan perangkat pembelajaran dan bahan ajar berbasis nilai keislaman berpendekatan saintifik pada materi sistem reproduksi berupa silabus RPP LKPD handout dan instrumen penilaian yang telah memenuhi kriteria kelayakan dan kevalidan (2) hasil validasi terhadap silabus RPP LKPD handout dan instrumen penilaian secara berurutan memiliki rerata tingkat pencapaian sebesar 97% 98% 97% 97% dan 97 % dengan kriteria sangat layak dan sangat baik digunakan dalam pembelajaran (3) hasil respon siswa terhadap kelayakan LKPD dan handout menunjukkan tingkat pencapaian sebesar 87% dan 89% dengan kriteria sangat layak dan baik digunakan dalam pembelajaran (4) pembelajaran biologi berbasis nilai keislaman berpendekatan saintifik pada materi sistem reproduksi efektif untuk meningkatkan sikap spiritual penguasaan konsep dan keterampilan ilmiah siswa kelas XI SMA Darut Taqwa Purwosari Pasuruan. ABSTRACT Millah Zuhrotul. 2017. The Development of Islamic Values Based Learning with Scientific Approach on Reproduction System Material to Improve Spiritual Attitude Scientific Skill and Mastery of Concept of Class XI Student of SMA Darut Taqwa Purwosari. Thesis Departement of Biology Education Graduate Program University of Malang. Supervisor (I) Dr. Ibrohim M. Si. (II) Dra. Dwi Listyorini M. Si D. Sc. Keywords reproduction system Islamic value scientific approach spiritual attitude scientific skill concept mastering. The national education system mandates the need for integration of religious values in learning as a reinforcement of the character formation of students in the face of the flow of globalization and modernization. The 2013 curriculum emphasizes student-centered learning as well as the overall development of student competencies in attitude knowledge and skills aspects. Related to this reason research has been developed to develop biology-based teaching on Islamic values scientific approach to reproduction system material and to know the effectiveness of product development. This development research refers to the ADDIE development model which consists of five stages Analyze Design Develop Implement Evaluate. Data collection is done with several techniques namely (1) interviewing techniques and questionnaires of the needs of teachers and students (2) validation tests involving material experts design learning experts expert learning practitioners 3) as well as student respondents. Data collection to know the effectiveness of learning using product development result done by statistical analysis of data of spiritual attitude and mastery of student concept and descriptive analysis to know level of success of student scientific skill achievement. Based on the results of research and development it can be reported that (1) has been produced the design of learning tools and teaching materials based on Islamic values with scientific approach on reproduction system materials in the form of syllabus RPP LKPD handouts and assessment instruments that have met the eligibility and validity criteria (2) validation result of syllabus RPP LKPD handout and assessment instrument in a row has average achievement rate of 97% 97% 97% 97 and 97% with very criteria feasible and very well used in learning (3) result of student response to LKPD feasibility and handout shows achievement level equal to 87% and 89% with criteria very feasible and good use in learning (4) study of biology based on Islamic values with scientific approach on the material of effective reproduction system to improve spiritual attitude mastery of concepts and scientific skills of grade XI students of SMA Darut Taqwa Purwosari Pasuruan

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60741

Actions (login required)

View Item View Item