Pelaksanaan pembelajaran inklusi di SDN Arjosari 3 Kota Malang / Rendra Handy Abdillah

Abdillah, Rendra Handy (2015) Pelaksanaan pembelajaran inklusi di SDN Arjosari 3 Kota Malang / Rendra Handy Abdillah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Abdilah, Rendra Handy. 2015. Pelaksanaan Pembelajaran Inklusi di SDN Arjosari 3 Kota Malang. Skripsi,JurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolah,FakultasIlmuPendidikan,UniversitasNegeriMalang. Pembimbing: (I) Drs. H. Abdul Huda, M. Pd, (II) Drs. Tomas Iriyanto, M. Pd. Kata kunci: Pelaksanaan PembelajaranInklusi, SDN Arjosari 3 Pendidikan inklusi didefinisikan sebagai salah satu sistem penyelengaraan pendidikan yang memberikan kesempatan kepada semua siswa yang berkelainan dan memiliki potensi kecerdasan dan/atau bakat istimewa untuk mengikuti pendidikan atau pembelajaran dalam lingkungan pendidikan secara bersama-sama dengan siswa pada umumnya.Kegiataninidikembangkan selain dalam proses pembelajaran yang berisi aspek sikap, keterampilan, danpengetahuan, juga bentuk komponen lain dalam persiapan penyelenggaraannya. Namun, dalampelaksanaannya, penyelenggaraan pendidikan inklusimasihdianggapmembingungkanbagisebagianinstansi pendidikan. Tujuanpenelitianiniadalahmendeskripsikanperencanaan, pelaksanaan,danpenilaianpenyelenggaraan pendidikan inklusiyang dilaksanakanolehpendidik pada kelas inklusi baik itu guru kelas IV dan juga GPKSDN Arjosari 3 Kota Malang. Pendekatan yang digunakandalampenelitianiniadalahkualitatifdenganjenispenelitianstudikasus. Teknikpengumpulan data penelitianiniberupaobservasi, wawancara, dandokumentasi. Perencanaan pembelajaran pendidikan inklusi ini dalam persiapannya masih kurang, bentukidentifikasi dan assesmen belum dipahami oleh guru kelas IV dan kepala sekolah secara utuh,belum ada penyesuaian RPP dan silabus,, indikator disesuaikan langsung dari buku guru tanpa penyesuaian, format RPP masih kurang, tidak ada penangan khusus dan assesmen setting tempat yang dilakukan pada semester 2.Pelaksanaan pembelajaran ditemukan beberapa fakta, pada beberapa aspek aprespsi kadang tidak dilakukan oleh guru kelas,pendekatan scientific belum sepenuhnya berjalan, pembelajaran multisensori belum dikonsep secara utuh, sarana dan prasarana dalam proses pembelajaran masih kurang.Penilaianpembelajarankelas IV, ditemukanbeberapafaktayaitu, selama kegiatan belajar guru kelas belum mampu menilai secara penuh, guru kelas belum mampu melakukan penilaian per sub tema, masih per mata pelajaran, guru kelas kesulitan dalam menilai proses setiap individu, GPK hanya menilai ujian, antara proses belajar dengan penilaian tidak singkron pada siswa inklusi Berdasarkankesimpulanpenelitian, makadisarankan agar SekolahdanDinasPendidikan Kota Malang mengadakanpelatihan penyelenggaraan pendidikan inklusi lebih baik lagi, bukan hanya untuk perwakilan namun seluruh guru yang bersangkutan, adapun untuk guru kelas dalam melaksanakan pendidikan tidak hanya terfokus kepada siswa reguler umumnya, namun kebutuhan ABK juga diperhatikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6074

Actions (login required)

View Item View Item