Pengembangan buku pintar tumbuhan obat berbasis potensi lokal bermuatan karakter sebagai bahan penyuluhan bagi masyarakat Desa Ngadas Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang / Hajmia Guswika - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku pintar tumbuhan obat berbasis potensi lokal bermuatan karakter sebagai bahan penyuluhan bagi masyarakat Desa Ngadas Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang / Hajmia Guswika

Guswika, Hajmia (2017) Pengembangan buku pintar tumbuhan obat berbasis potensi lokal bermuatan karakter sebagai bahan penyuluhan bagi masyarakat Desa Ngadas Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang / Hajmia Guswika. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Guswika Hajmia. 2017. Pengembangan Buku Pintar Tumbuhan Obat Berbasis Potensi Lokal Bermuatan Karakter sebagai Bahan Penyuluhan bagi Masyarakat Desa Ngadas Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang.Tesis Program Studi Pendidikan Biologi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Ir. Suhadi M.Si. (2) Dr. Hj. Sri Endah Indriwati M.Pd. Kata kunci Buku pintar Tumbuhan obat Penyuluhan Buku adalah media penunjang yang relevan dalam proses pembelajaran untuk menambah pengetahuan. Pengetahuan yang perlu dimiliki masyarakat yaitu pengetahuan tentang menjaga kesehatan salah satu upaya menjaga kesehatan adalah menggunakan tumbuhan obat. Besarnya potensi tumbuhan obat di desa Ngadas Kecamatan Poncokusumo berbanding terbalik dengan pemanfaatannya sebab kurangnya pengetahuan dan informasi yang memadai mengenai berbagai jenis tumbuhan yang dapat digunakan sebagai pengobatan penyakit tertentu dan cara pemanfaatannya. Selain itu data potensi lokal mengenai tumbuhan obat belum terdokumentasi dengan baik. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan eksplorasi tumbuhan obat dan mendokumentasikan dalam bentuk buku. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan buku pintar tumbuhan obat bermuatan karakter yang efektif sebagai media penyuluhan. Metode pengembangan mengacu pada model pengembangan ADDIE (Analyze Design Develop Implement Evaluate). Hasil pengembangan buku pintar dianalisis berdasarkan validasi oleh ahli materi dan ahli media terhadap kelayakannya dan uji coba skala kecil oleh 10 responden (masyarakat) terhadap kepraktisan/ keterbacaan buku. Selanjutnya dilakukan implementasi pada 30 responden yang diambil dari 30% populasi masyarakat miskin dengan melakukan pre-test dan post-test untuk mengetahui keefektivan buku pintar dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap. Hasil pre-test dan post-test dianalisis menggunakan paired sample t-test. Hubungan antar kedua variabel dianalisis dengan menggunakan uji regresi Berdasarkan hasil eksplorasi lapangan diperoleh 38 spesies dari 23 famili. Hasil validasi dari ahli materi skor rata-rata 100% dari ahli media skor rata-rata 95.43% dan hasil uji keterbacaan skor rata-rata 95.5% yang menunjukkan kategori sangat tinggi sehingga buku pintar tumbuhan obat layak digunakan sebagai media penyuluhan. Hasil pre-test dan post-test dari pengetahuan dan sikap setelah dianalisis dengan paired sample t-test menunjukkan nilai p-value (0 000) 945 (0 05) yang berarti buku pintar dapat meningkatkan pengetahuan dan sikap secara signifikan. Hasil uji regresi pada selisih nilai pengetahuan dan sikap diperoleh menunjukkan antara sikap dengan pengetahuan memiliki hubungan yang mana tingkat pengetahuan seseorang dapat berpengaruh terhadap sikap. Saran pengembangan produk lebih lanjut diharapkan kedepannya dapat dimanfaatkan juga oleh masyarakat umum dan dapat disebar luaskan dalam bentuk file maupun cetak serta perlu dilakukan eksplorasi lebih lanjut mengenai potensi tumbuhan obat yang terdapat di Desa Ngadas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60738

Actions (login required)

View Item View Item