Pengembangan LKM metabolisme tumbuhan berbasis inkuiri berdasarkan eksplorasi kandungan bioaktif daun Citrus hystrix DC pada berbagai fraksi untuk meningkatkan berpikir kreatif mahasiswa Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang / Dwi Yulian Anugerah

Anugerah, Dwi Yulian (2017) Pengembangan LKM metabolisme tumbuhan berbasis inkuiri berdasarkan eksplorasi kandungan bioaktif daun Citrus hystrix DC pada berbagai fraksi untuk meningkatkan berpikir kreatif mahasiswa Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang / Dwi Yulian Anugerah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Anugerah, D. Y. 2016. Pengembangan LKM Metabolisme Tumbuhan Berbasis Inkuiri Berdasarkan Eksplorasi Kandungan Bioaktif Daun Citrus hystrix DC Pada Berbagai Fraksi Untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif Mahasiswa Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Tesis, Jurusan Pendidikan Biologi, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Betty Lukiati, M.S., (II) Dr. Sri Endah Indriwati, M.Pd. Kata kunci: Pengembangan LKM Berbasis Inkuiri, Eksplorasi Kandungan Bioaktif Daun Citrushystrix DC, Berpikir Kreatif. Matakuliah metabolisme tumbuhan merupakan matakuliah yang mempelajari eksplorasi senyawa bioaktifdalamtumbuhan sehingga diketahui manfaatnya dalam bidang kesehatan maupun bidang pangan. Salah satu kemampuan yang diharapkan pada matakuliah ini adalah mahasiswa mampu menyusun prosedur praktikum dan merancang penelitian. Berdasarkan hasil wawancara dengan dosen pengampu matakuliah Metabolisme Tumbuhan dan angket analisis kebutuhan mahasiswa, mengemukakan adanya kesulitan yang dialami mahasiswa dalam memahami dan merancang penelitian pada matakuliah tersebut. Hasil angket analisis kebutuhan dan wawancara tersebut diketahui pula kebutuhan suatu sumber belajar yang dapat membantu kesulitan mahasiswa tersebut. Hal ini didukung dengan hasil angket yang menyatakan sebanyak 100% dari 17 mahasiswa memerlukan adanya sumber belajar yang dapat membantu dalam pelaksanaan praktikum dan penelitian pada matakuliah ini. Kesulitan tersebut berkaitan dengan kreativitas mahasiswa dalam merancang prosedur praktikum dan penelitian pada matakuliah ini. Berdasarkan identifikasi masalah tersebut, maka perlu dikembangkan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) yang dapat membantu kesulitan mahasiswa dalam melaksanakan praktikum dan penelitian pada matakuliah Metabolisme Tumbuhan. LKM disusun menggunakan sintaks pembelajaran inkuiri yang didasarkan dari hasil penelitian eksplorasi kandungan bioaktif tumbuhan Citrus hystrix DC. LKM yang dikembangkan mengikuti model pengembangan ADDIE yang terdiri dari analyze, design, develop, implement dan evaluate. Uji kelayakan LKM berdasarkan validasi ahli materi adalah sebesar 94% dan validasi ahli media adalah sebesar 86,6% yang berarti sangat valid untuk digunakan dalam pembelajaran dengan revisi kecil. Hasil uji keterbacaan yang dilakukan terhadap mahasiswa S1 Biologi dengan bidang minat analisis pangan adalah 72,67% yang berarti valid untuk digunakan dalam pembelajaran dengan revisi sedang. Kemampuan berpikir kreatif mahasiswa yang diukur terdiri dari 4 aspek yaitu kelenturan, kelancaran, keaslian dan kerincian.Kemampuan berpikir kreatif mahasiswa selama menggunakan LKM dalam pertemuan pertama hingga keempat secara berturut-turut adalah 55%, 59%, 73% dan 80% yang berarti LKM yang dikembangkan dapat meningkatkan berpikir kreatif mahasiswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60736

Actions (login required)

View Item View Item