Pengembangan tesaurus konsep biologi dan pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa SMK Negeri 1 Tlogosari Bondowoso / Mashudi Hadi Siswoyo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan tesaurus konsep biologi dan pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa SMK Negeri 1 Tlogosari Bondowoso / Mashudi Hadi Siswoyo

Siswoyo, Mashudi Hadi (2017) Pengembangan tesaurus konsep biologi dan pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa SMK Negeri 1 Tlogosari Bondowoso / Mashudi Hadi Siswoyo. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Siswoyo Mashudi Hadi. 2015. Pengembangan Tesaurus Konsep Biologi dan Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar Siswa SMK Negeri 1 Tlogosari Bondowoso. Tesis Program Studi Pendidikan Biologi. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Hj. Mimien Henie Irawati Al Muhdhar M.S. (II) Dr. Fatchur Rohman M.Si. Kata kunci tesaurus bahan ajar konsep biologi hasil belajar Berdasarkan analisis hasil belajar siswa angket guru dan wawancara siswa diketahui siswa kesulitan menguasai konsep biologi. Kesulitan penguasaan konsep juga disebabkan siswa tidak memiliki bahan ajar. Guru juga menyatakan bahan ajar biologi untuk SMK sesuai dengan silabus belum ditemukan. Pada Penelitian ini bertujuan untuk menyusun dan menguji kelayakan kepraktisan dan keefektifan Tesaurus Biologi bagi siswa SMK Negeri 1 Tlogosari. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan yaitu pengembangan buku Tesaurus Biologi SMK. Pengembangan buku Tesaurus Biologi SMK tersebut mengacu pada model 4-D dengan tahapan Define Design Develop dan Disseminate. Penelitian ini dilakukan sampai tahap Disseminate pada langkah validation testing untuk langkah selanjutnya tidak dilaksanakan karena keterbatasan penelitian. Pada tahap Develop draf awal Tesaurus Biologi SMK telah divalidasi oleh ahli materi dan ahli bahan ajar. Pada tahap tersebut juga divalidasi praktisi pendidikan uji coba keterbacaan dan uji coba lapangan. Pada tahap Disseminate dilakukan quasi eksperimen untuk mengetahui pengaruh Tesaurus Biologi SMK pada hasil pembelajaran. Masukan terhadap tesaurus pada setiap tahap digunakan sebagai dasar perbaikan tesaurus tahap berikutnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tesaurus Biologi SMK 1) berdasarkan validasi ahli materi berkategori sangat layak dengan rerata skor 3 67 2) berdasarkan validasi ahli bahan ajar berkategori sangat layak dengan rerata skor mencapai 3 79 3) berdasarkan penilaian praktisi pendidikan berkategori sangat layak dengan rerata skor 3 65 4) berdasarkan uji keterbacaan berkategori sangat layak dengan rerata nilai mencapai 85 63 5) Kefektifan pada kelas uji coba diperoleh selisih pretes-postes berkategori tinggi dengan nilai 41 09 sedangkan Gain-Score berkategori sedang cenderung tinggi dengan nilai 0 51. Pada validation testing dilakukan quasi eksperimen. Quasi eksperimen dilakukan dengan membandingkan hasil belajar kelompok kontrol dan kelompok perlakuan menggunakan uji anakova dan diperoleh F hitung 28 58 dengan p sebesar 0 006. Dengan p yang lebih kecil dari 0 05 menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan Tesaurus dan yang tidak menggunakan Tesaurus. Dengan demikian pembelajaran berbantukan Tesaurus Biologi di SMK Negeri 1 Tlogosari berpengaruh positif atau meningkatkan hasil belajar siswa. ABSTRACT Siswoyo Mashudi Hadi. 2015. Development of Thesaurus in Biology Concept and Its Influence on Students Achievement in SMK Negeri 1 Tlogosari Bondowoso. Thesis Biology Education Postgraduate State University of Malang. Advisors (I) Prof. Dr. Hj. Mimien Henie Irawati Al Muhdhar M.S. (II) Dr. Fatchur Rohman M.Si. Keywords thesaurus learning materials biology concepts students achievement Based on data analysis of students achievement teacher questionnaires and students interview it is known that students have difficulties in mastering biology concept. These problem happen because the students didn t have any appropriate learning materials and syllabus for SMK s students. This study was intended to compile and to test the validity practicability and effectiveness of Thesaurus in Biology Concept for students in SMK Negeri 1 Tlogosari. This research and development was carried out 4D model Define Design Develop and Disseminate stages. This research was done until Disseminate stage in step validation testing for next step not implemented. Suggestion for implement thesaurus at each stage were used as basic material to make the next stage better. The result showed that the Thesaurus in Biology Concept for SMK 1) material aspect are valid and categorized very well to implemented with the average score 3.67 2) learning materials aspect are valid and categorized very well to implemented with the average score reached 3.79 3) practicability from education expert appraisal categorized valid with the average score of 3.65 4) practicality from readability test categorized valid with the average reached 85.63 5) effectiveness in the trial class is obtained by the difference pretest-postest categorized high with score 41.09 While Gain-Score categorized medium-high with score 0.51. In validation testing by comparing control group and treatment group in ancova test obtained F arithmetic 28.58 with p value 0.006. With p value was less than 0.05 it is indicate that there was any different of students achievment by implement Thesaurus in Biology Concept in teaching and learning. Therefore implement Thesaurus in Biology Concept at SMK Negeri 1 Tlogosari have positive effect to improve students achievement.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60734

Actions (login required)

View Item View Item