Prayoga, Evan Ardi (2017) Peningkatan keterampilan menulis teks eksposisi melalui CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) berbantuan video di kelas V SDN 1 Aryojeding Kabupaten Tulungagung / Evan Ardi Prayoga. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Prayoga Evan Ardi. 2017. Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Melalui CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) Berbantuan Video di Kelas V SDN 1 Aryojeding Kabupaten Tulungagung. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Heri Suwignyo M.Pd (II) Dr. Alif Mudiono M.Pd Kata kunci CIRC video teks eksposisi Hasil observasi terhadap matapelajaran bahasa Indonesia khususnya kompetensi menulis pada kelas V SDN 1 Aryojeding Kabupaten Tulungagung diketahui bahwa siswa belum terampil menyampaikan informasi dalam bentuk tulisan. Pada proses pembelajaran guru belum menggunakan model pembelajaran berupa membentuk kelompok-kelompok untuk mempermudah siswa menyampaikan gagasan dalam bentuk tulisan. Dari 24 siswa yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan hanya 17% atau 4 siswa yang berhasil mencapai KKM sementara 83% atau 20 siswa belum mencapai KKM dengan KKM SDN 1 Aryojeding yaitu 70. Hal itu terjadi karena siswa tidak melalui tahapan-tahapan untuk menghasilkan sebuah tulisan. Tulisan siswa hanya sebatas karangan bebas atau karangan berdasarkan pengalaman yang dimiliki siswa. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan oleh peneliti berkolaborasi dengan guru. Adapun kolaborasi yang dilakukan berupa merancang melaksanakan mengamati dan merefleksikan tindakan yang bertujuan untuk memperbaiki keompetensi menulis siswa. Data pada penelitian ini berupa data proses dan data hasil. Data proses berupa aktivitas guru dan siswa sikap siswa angket dan catatan lapangan. Data hasil berupa hasil menulis teks eksposisi siswa. Penelitian dilaksanakan tiga siklus tiap siklus terdiri atas tiga pertemuan. Pertemuan pertama berupa pemberian materi tentang teks eskposisi pertemuan kedua penerapan model CIRC berbantuan media untuk menyusun kerangka teks eksposisi dan pertemuan ketiga berupa menulis teks eksposisi dengan mengembangkan kerangka teks eksposisi. Persentase aktivitas guru menunjukkan peningkatan pada siklus I sebesar 82 5% meningkat pada siklus II sebesar 86 3% meningkat lagi pada siklus III sebesar 92 5%. Sementara itu persentase peningkatan aktivitas siswa sebesar 76 3% pada siklus I meningkat pada siklus II sebesar 85% dan meningkat lagi pada siklus III sebesar 91 3%. Persentase Sikap siswa menunjukkan peningkatan pada siklus I sebesar 69 8% meningkat pada siklus II sebesar 80 7% dan meningkat lagi pada siklus III sebesar 91%. Peningkatan keterampilan menulis teks eksposisi dinilai dari empat aspek yakni tesis argumen penegas dan penulisan. Persentase capaian keterampilan menulis teks eksposisi secara keseluruhan aspek meningkat. Perolehan nilai rata-rata dari siklus I sampai dengan siklus III menunjukkan peningkatan. Siklus I nilai rata-rata 66 7 meningkat pada siklus II menjadi 76 2 terjadi peningkatan 9 5. Pada siklus II nilai rata-rata 76 2 meningkat pada siklus III sebesar 81 6 terjadi peningkatan 5 4. Peningkatan dari siklus I ke siklus II lebih besar jika dibandingkan peningkatan dari siklus II ke siklus III. Hal ini karena pada siklus II hasil menulis siswa sudah tuntas tetapi aspek penegas siswa masih kurang. Berdasarkan hasil penelitian saran diperlukan. Peningkatan keterampilan menulis teks eksposisi melalui model CIRC berbantuan video pada siswa kelas V SDN Aryojeding Kabupaten Tulungagung adapun saran yang dapat dikemukakan yakni (1) penerapan model CIRC dapat terlaksana dengan baik jika banyaknya siswa genap dan dapat dikelompokkan dengan tiap-tiap kelompok terdiri atas 4 siswa (2) mempersiapkan teks bacaan yang mengandung informasi dan memilih video yang sesuai dengan bacaan sebagai tambahan informasi (3) dalam memasangkan kelompok sebaiknya dalam satu kelompok terdiri atas 2 perempuan dan 2 laki-laki atau semua perempuan dan semua laki-laki saja (4) mengkondisikan kelas pada proses pembelajaran terutama saat siswa saling membacakan dan menyimak video (5) membimbing siswa secara bergiliran saat siswa mengalami kesulitan menulis teks eksposisi dan (6) menjelaskan aspek menulis teks eksposisi yang dirasa belum dipahami siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Jul 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/60732 |
Actions (login required)
View Item |