Pengembangan perangkat pembelajaran biologi berbasis inkuiri untuk meningkatkan keterampilan metakognitif, pemahaman konsep, dan sikap ilmiah siswa kelas X SMA Unggulan berbasis pesantren Amanatul Ummah / Anilia Restuniningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran biologi berbasis inkuiri untuk meningkatkan keterampilan metakognitif, pemahaman konsep, dan sikap ilmiah siswa kelas X SMA Unggulan berbasis pesantren Amanatul Ummah / Anilia Restuniningsih

Restuniningsih, Anilia (2017) Pengembangan perangkat pembelajaran biologi berbasis inkuiri untuk meningkatkan keterampilan metakognitif, pemahaman konsep, dan sikap ilmiah siswa kelas X SMA Unggulan berbasis pesantren Amanatul Ummah / Anilia Restuniningsih. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rustininingsih Anilia. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Inkuiri untuk Meningkatkan Keterampilan Metakognitif Pemahaman Konsep dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas X SMA Unggulan Berbasis Pesantren Amanatul Ummah. Tesis. Pendidikan Biologi. Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Murni Saptasari M.Si. (II) Dr. Dahlia M.S. Kata Kunci perangkat pembelajaran inkuiri metakognitif pemahaman konsep sikap ilmiah Hasil analisis awal yang dilakukan di SMA Unggulan Berbasis Pesantren Amanatul Ummah menunjukkan bahwa keterampilan metakognitif siswa belum dilatihkan pemahaman konsep dan sikap ilmiah siswa masih tendah. Siswa membutuhkan sumber belajar yang dapat melatih keterampilan metakognitif meningkatkan pemahaman konsep dan sikap ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis inkuiri serta menguji kelayakan dan pengaruhnya terhadap keterampilan metakognitif pemahaman konsep dan sikap ilmiah siswa kelas X SMA Unggulan Berbasis Pesantren Amanatul Ummah. Penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan yang dipadukan dengan eksperimen semu untuk uji coba produk. Tahapan penelitian dan pengembangan mengacu pada model ADDIE yaitu Analyze Design Development Implementation dan Evaluation. Subjek uji coba penelitian adalah siswa SMA Unggulan Berbasis Pesantren Amanatul Ummah yang terdiri dari 19 siswa uji coba kelompok kecil dan 34 siswa uji coba kelompok besar. Pengumpulan data penelitian menggunakan instrumen angket dan tes keterampilan metakognitif yang terintegrasi dalam tes pemahaman konsep. Analisis data penelitian menggunakan metode perhitungan persentase untuk data angket dan uji statistik dengan teknik Anakova dan Anava untuk uji hipotesis penelitian. Uji prasyarat untuk uji hipotesis yaitu normalitas dan homogenitas dengan menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov. Hasil perhitungan skor angket digunakan sebagai acuan kelayakan produk sedangkan tanggapan dan saran responden pada angket digunakan sebagai acuan perbaikan produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk pengembangan berupa perangkat pembelajaran berbasis inkuiri telah memenuhi aspek kelayakan ditinjau dari hasil validasi ahli perangkat pembelajaran materi praktisi pembelajaran dan respon siswa. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa keterampilan metakognitif pemahaman konsep dan sikap ilmiah pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Kelas eksperimen menerapkan pembelajaran yang mengacu pada perangkat pembelajaran berbasis inkuiri sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. ABSTRACT Rustininingsih Anilia. 2017. The Development of Inquiry-based Learning Tools to Improve Metacognitive Skills Conceptual Understanding and Scientific Attitudes of Students SMA Unggulan Pesantren Amanatul Ummah Grade X. Thesis. Biology Education. Graduate Program of State University of Malang. Counselor (1) Dr. Murni Saptasari M.Si. (II) Dr. Dahlia M.S. Keywords learning tools inquiry metacognitive conceptual understanding scientific attitude The initial analysis results of students conducted at SMA Unggulan Pesantren Amanatul Ummah showed untrained metacognitive skills the low of conceptual understanding and scientific attitude. The learning resources necessary of metacognitive skill conceptual understanding and scientific attitudes improvement are impeccably by students. This research purpose is to produce inquiry-based learning tools as well as testing their feasibility and influence on metacognitive skills conceptual understanding and scientific attitudes students of SMA Unggulan Pesantren Amanatul Ummah grade X This research a development design combined with quasi experiments for product test. The research refers to the ADDIE model of Analyze Design Development Implementation and Evaluation. The research subjects are students of SMA Unggulan Pesantren Amanatul Ummah consisting of 19 for small group trials and 34 for large group trials. The data collection instrument uses questionnaire and metacognitive skill test integrated with concept comprehension test. The data analysis for questionnaire is percentage calculation method while statistical test Anakova and Anava for hypothesis test. The Kolmogorov-Smirnov test used for prerequisite test for hypothesis is normality and homogeneity. The results of questionnaire scores used as reference of product feasibility while responses and suggestions of respondents used as reference of product improvement. The results showed that inquiry-based learning tools have feasible based on validation of expert learning tools materials learning practitioners and student responses. The result of hypothesis test showed that metacognitive skills conceptual understanding and scientific attitude in experimental class is higher than control class. Experimental class applies inquiry-based learning tools meanwhile the control class uses conventional learning.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60729

Actions (login required)

View Item View Item