Akbariyah, Siti Purnaning (2017) Pengembangan pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing dipadu penulisan jurnal belajar untuk mengembangkan keterampilan ilmiah, motivasi belajar dan pemahaman konsep pada materi ekosistem dan pencemaran lingkungan siswa SMK Negeri 1 Suruh Trenggalek / Siti Purnaning Akba. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Akbariyah Siti Purnaning. 2017. Pengembangan Pembelajaran Berbasis Inkuiri Terbimbing Dipadu Penulisan Jurnal Belajar untuk Mengembangkan Keterampilan Ilmiah Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep pada Materi Ekosistem dan Pencemaran Lingkungan Siswa SMK Negeri 1 Suruh Trenggalek. Tesis. Program Studi Pendidikan Biologi Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Fatchur Rohman M.Si. (II) Dr. Ibrohim M.Si. Kata kunci pengembangan pembelajaran inkuiri terbimbing jurnal belajar keterampilan ilmiah motivasi belajar pemahaman konsep Pembelajaran memiliki dua bagian yang penting dan tak terpisahkan yaitu sebagai suatu sistem dan proses. Pembelajaran sebagai suatu sistem adalah dalam suatu pembelajaran terdapat beberapa komponen yang terintegrasi dan terorganisasi dengan baik seperti terdapatnya tujuan metode strategi pengorganisasian kelas dan evaluasi dari suatu pembelajaran. Pembelajaran sebagai suatu proses adalah upaya yang dilakukan oleh seorang guru kepada siswa yang bertujuan untuk menarik perhatian memicu kognitif psikomotor afektif dan bagaimana cara memotivasi siswa agar mampu memahami dan memperoleh pengetahuan informasi dan keterampilan menuju sebuah hasil yang berupa perubahan pada siswa. Hal ini harus sesuai dengan prinsip Kurikulum baru tahun 2013 yang berpusat pada potensi perkembangan kebutuhan dan kepentingan siswa serta lingkungannya yang disesuaikan dengan kebutuhan kehidupan. Model penelitian pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model Borg and Gall (1989). Model penelitian pengembangan versi Borg and Gall (1989 784-785) ini meliputi sepuluh kegiatan yaitu Studi Pendahuluan (Penelitian dan pengumpulan data) Perencanaan penelitian yaitu desain atau langkah-langkah penelitian kemungkinan pengujian dalam lingkup terbatas Pengembangan produk awal (Pengembangan bahan pembelajaran proses pembelajaran dan instrumen evaluasi) Uji coba lapangan awal (terbatas) Revisi hasil uji lapangan terbatas Uji lapangan lebih luas Revisi hasil uji lapangan Uji kelayakan Revisi hasil uji kelayakan Diseminasi dan sosialisasi produk akhir. Namun langkah terakhir dalam pengembangan Borg and Gall tidak dilaksanakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan berbasis inkuiri terbimbing dengan dipadu jurnal belajar mampu mengembangkan keterampilan ilmiah motivasi dan pemahaman konsep siswa SMK Negeri 1 Suruh Trenggalek. Hal ini disebabkan karena dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing siswa termotivasi untuk belajar dengan mengalami langsung setiap tahap dan langkah sesuai sintaks sehingga juga berdampak lebih menguasai keterampilan ilmiah. Sedangkan dengan menggunakan jurnal belajar siswa terlatih untuk mendokumentasikan setiap tahapan belajarnya sehingga mampu mengevaluasi serta menyiapkan langkah selanjutnya dalam proses belajar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Jul 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/60728 |
Actions (login required)
View Item |