Pengembangan perangkat pembelajaran biologi berbasis inquiri terbimbing bersumber belajar lingkungan lokal pesisir pantai Bajoe di Kabupaten Bone / Maulidin Alwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran biologi berbasis inquiri terbimbing bersumber belajar lingkungan lokal pesisir pantai Bajoe di Kabupaten Bone / Maulidin Alwi

Alwi, Maulidin (2017) Pengembangan perangkat pembelajaran biologi berbasis inquiri terbimbing bersumber belajar lingkungan lokal pesisir pantai Bajoe di Kabupaten Bone / Maulidin Alwi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Alwi Maulidin. 2017. Pengembangan Pembelajaran Biologi Berbasis Inquiri Terbimbing Bersumber Belajar Lingkungan Lokal Pesisir Pantai Bajoe Di Kabupaten Bone. Tesis Program Studi Pendidikan Biologi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ibrohim M.Si. (II) Dr. Dahlia M.S. Kata Kunci pengembangan pembelajaran inquiri terbimbing lingkungan lokal pesisir pantai Bajoe. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran materi perubahan lingkungan berbasis inquiri terbimbing yang bersumber belajar lingkungan lokal pesisir pantai Bajoe yang valid efektif dan praktis serta dapat meningkatkan keterampilan ilmiah dan hasil belajar siswa kelas X1 SMA Negeri 1 Awampone Kabupaten Bone. Penelitian pengembangan ini mengadaptasi model pengembangan Borg and Gall (1983) yang terdiri dari 5 tahapan yaitu (1) penelitian dan pengumpulan informasi (2) perencanaan (3) pengembangan produk awal (4) uji coba terbatas dan revisi produk serta (5) uji coba utama dan revisi produk. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan terdiri dari Silabus Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Lembar Kerja Siswa (LKS) dan Instrumen Penilaian. Uji coba terbatas dilakukan untuk mengetahui tingkat kevalidan produk pengembangan dan uji coba utama dilakukan untuk mengetahui tingkat keefektifan dan kepraktisan produk pengembangan. Pengumpulan data saat uji coba terbatas dilakukan dengan menggunakan lembar validasi untuk validator dan lembar penilaian keterbacaan produk untuk siswa. Dan pengumpulan data saat uji coba utama dilakukan dengan menggunakan lembar observasi soal tes dan angket respon siswa. Hasil uji coba terbatas perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan menunjukkan rata-rata persentase penilaian validator ahli mencapai 90% (kategori sangat valid) dan rata-rata persentase hasil uji coba keterbacaan kelompok kecil siswa mencapai 92 % (kategori sangat valid). Data tersebut menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan memiliki kualifikasi valid dan tidak perlu direvisi. Dengan demikian perangkat pembelajaran yang dikembangkan tesebut dapat digunakan dalam uji coba utama di kelas. Hasil uji coba utama yang dilaksanakan pada kelas X1 menunjukkan rata-rata persentase pencapaian nilai untuk keterampilan ilmiah siswa mencapai 79% berada pada kategori baik dan sangat baik hasil belajar afektif siswa mencapai 100% pada kategori baik dan sangat baik hasil belajar psikomotor siswa mencapai 90% pada kategori baik dan sangat baik dan hasil belajar kognitif siswa mencapai 87 5% tuntas dan hasil gain score sebesar 0 6 (kategori sedang) serta hasil respon siswa menunjukkan 100% pada kategori positif dan sangat positif. Selain itu penilaian keterlaksanaan pembelajaran rerata persentase mencapai 90% (kategori sangat praktis). Data tersebut menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan telah efektif dan praktis digunakan dalam pembelajaran di kelas dan dapat meningkatkan keterampilan ilmiah dan hasil belajar siswa kelas X1 SMA Negeri 1 Awampone Kabupaten Bone. Saran diseminasi yang diusulkan dalam penelitian pengembangan perangkat pembelajaran ini yaitu (1) perlu dimuat pada situs resmi dinas pendidikan kabupaten Bone ataupun lembaga sekolah (2) perlu disosialisasikan pada Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Biologi di Kabupaten Bone (3) perlu diadakan seminar skala regional atau nasional tentang pengembangan dan penerapan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan inkuiri terbimbing (4) perlu mencetak dan menggandakan produk yang telah dikembangkan pada suatu lembaga penerbit. ABSTRACT Alwi Maulidin. 2017. Developing Guided Inquiry-Based Learning with Pantai Bajoe Coast as The Local Environment Learning Resources in Bone. Thesis Biology Education Program Graduate Program of Malang State University. Advisors (I) Dr. Ibrohim M.Si. (II) Dr. Dahlia M.S. Keywords learning development guided inquiry local environment pantai Bajoe coast This research aimed to develop guided inquiry-based material about environment change with valid effective and practical learning resource based on pantaibajoe coast environment. The material was expected to help improve the scientific skill and learning achievement of class X1 students in SMA Negeri 1 Awampone in Bone District. This research adapted Borg and Gall s (1983) development model that consists of 5 stages (1) research and information collection (2) planning (3) preliminary product development (4) preliminary tests and product revision and (5) main tests and product revision. The learning instruments developed in this research were a syllabus lesson plans students worksheets and assessment instruments. The preliminary test was conducted to see the products validity whereas the main test was conducted to see its effectiveness and practicality. During the preliminary test data were collected by the means of a validation form for validators and a readability scoring sheet for students. During the main test data were collected by the means of an observation sheet a test and a questionnaire. The preliminary test showed that the expert validators scoring percentage reached 90% on average (high validity) and readability percentage given by the students reached 92% on average (high validity). The data showed that the learning instruments were already valid and did not need any revision. Thus the product could be brought to the main test in a classroom. The main test that was conducted on class X1 showed that the percentage of the students score on scientific skill reached 79% and belonged to the categories of good and very good their affective learning reached 100% and belonged to the categories of good and very good their psychomotor learning reached 90% and belonged the categories of good and very good their cognitive learning reached 87 5% complete and the gain score was 0.6 (medium category) their response was 100% in the categories of positive and very positive. Besides the percentage of average learning practicality reached 90% (very practical). The data showed that the learning instruments developed in this research were effective and practical to be used in a classroom and able to improve the scientific skill and learning achievement of class X1 students in SMA Negeri 1 Awampone. In terms of the dissemination of this product the researcher suggested that (1) the product should be uploaded on the official website of Bone s Educational Board or school institutions (2) it should also be promoted at the Biology Teachers Forum (MGMP) in Bone (3) there should be a regional or national scale seminar in developing and applying guided inquiry based learning instruments (4) the product should be printed and copied by a printing company.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60726

Actions (login required)

View Item View Item