Kusuma, Risca Dwi (2017) Pengembangan atlas keanekaragaman hayati untuk SMK Jurusan Pertanian berdasarkan hasil identifikasi serangga dan tumbuhan bawah / Risca Dwi Kusuma. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Kusuma Risca Dwi. 2017. Pengembangan Atlas Keanekaragaman Hayati untuk SMK Jurusan Pertanian Berdasarkan Hasil Identifikasi Serangga dan Tumbuhan Bawah. Tesis. Program Studi Magister Pendidikan Biologi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. (I) Dr. Fatchur Rohman M.Si (II) Dr. Istamar Syamsuri M.Pd Kata kunci Atlas keanekaragaman hayati Potensi lokal SMK jurusan Pertanian SMK memiliki visi yaitu menyiapkan hasil lulusan peserta didik yang mumpuni untuk pemenuhan kebutuhan dunia kerja serta mengembangkan sikap profesional. Kurikulum SMK dibuat agar peserta didik siap untuk bersaing di dunia kerja dengan muatan kurikulum yang disusun sedemikian rupa sesuai dengan kebutuhan agar peserta didik tidak mengalami kesulitan yang berarti ketika masuk di dunia kerja. Proses pembelajaran di SMK pertanian masih berpusat pada guru belum kontekstual dan belum memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar. Penggunaan bahan ajar yang berbasis potensi lokal diharapkan dapat membuat peserta didik lebih memahami konsep tentang jenis-jenis makhluk hidup klasifikasi makhluk hidup ciri sifat dan tempat hidup makhluk hidup. Pembelajaran dengan bahan ajar yang kontekstual diharapkan akan membuat peserta didik lebih tertarik sehingga peserta didik lebih mudah memahami pembelajaran karena bersifat holistik. Atlas adalah salah satu sumber belajar yang menyajikan foto secara lengkap dan berwarna. Didalam atlas terdapat kumpulan data-data terkait keanekaragaman serangga dan tumbuhan bawah dengan gambar dan paparan yang jelas diberi keterangan penomoran bukan dengan tabel dan terdapat penjelasan dalam kotak tersendiri. Oleh karena itu penulis tertarik mengajukan penelitian yang berjudul Pengembangan Atlas Keanekaragaman Hayati Berbasis Potensi Lokal Untuk SMK Jurusan Pertanian Berdasarkan Inventarisasi Serangga dan Tumbuhan Bawah sebagai buku pendukung mata pelajaran Biologi pada materi keanekaragaman hayati. Penelitian pengembangan dilakuakn dengan model pengembangan 4D (Define Design Develop and Disseminate) dari Thiagarajan Semmel dan Semmel (1974). Jenis data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kualitatif diperoleh dari komentar dan saran ahli materi ahli media dan praktisi lapangan. Data kuantitatif didapatkan dari hasil posttest dan pretest. Hasil validasi dari ahli media sebesar 99 72 % berdasarkan nilai tersebut atlas dinyatakan sangat layak dan tidak perlu revisi. Hasil validasi dari ahli materi adalah sebesar 76.25 % hal tersebut menunjukkan bahwa atlas layak digunakan dengan sedikit revisi. Hasil validasi dari praktisi lapangan menyatakan bahwa atlas sangat layak dan tidak perlu revisi dengan nilai sebesar 93 56%. Hasil uji coba keterbacaan mendapatkan nilai sebesar 89 64% dengan kriteria sangat layak dan tidak revisi. Hasil normalized gain (n-gain) didapatkan nilai sebesar 0 55 nilai tersebut menunjukkan bahwa tingkat efektifitas atlas pada uji coba kelompok utama sedang cenderung tinggi. ABSTRACT Kusuma Risca Dwi. 2017. Developmen of Biodiversity Atlas For Vocational School of Agriculture Based On Identify of Insect and Lower Plant. Thesis. Biology Department Faculty of Postgraduate State University of Malang. Lecturer Dr. Fatchur Rohman M.Si and Dr. Istamar Syamsuri M.Pd. Keywords Atlas Biodiversity Local Potential Vocational School of Agriculture Vocational High School Vision is to prepare qualified graduates so that they can fulfil the needs of work demand and develop the professionals attitude. Vocational curriculum has been arranging has been compiled so that all of the needed can be fulfil by school. Learning process in Vocational High School still teacher centred not contextual using surroundings environment as a learning material yet. The using learning materials from local potential hopefully can make student more understand about kinds of organism classification of characteristic nature and habitat of organism. Learning process using contextual learning material hopefully makes student more interested on learning process so that they understand more materials because learning process is holistic. Atlas is one of learning material that contain complete and colourful pictures. There are data about insect biodiversity and lower plant with picture and clear explanation there are numbering and there is explanation about organism in the separated table. The aims of this research is produce a source learning in the form of atlas biodiversity for Vocational High School Department of Agriculture. Research and Development using 4-D model. There are qualitative and quantitative data. Qualitative data obtained from comments from material expert media expert and field practitioner. Quantitative data obtained from pre-test and post-test. Validation result from media expert shows that 99 72% valid and field practitioner is 93 56% valid so that atlas is very valid and doesn t need revision. Validation result from material expert shows that 76 25% valid so that atlas is proper to use but need a little revision on it. Legibility test shows that 89 64% valid so that atlas doesn t need revision. N-gain result shows that there is increasing score about 0 55 so that atlas effectivity in learning activity is medium to high.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Jul 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/60725 |
Actions (login required)
View Item |