Pramitasari, Diana Hesti (2017) Pengembangan buku petunjuk teknis Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) dan pengaruhnya terhadap pengetahuan lingkungan, sikap peduli lingkungan, dan perilaku peduli lingkungan santri Pondok Pesantren di Ponorogo / Diana Hesti Pramitasari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Pramitasari Diana Hesti. 2017. Pengembangan Buku Petunjuk Teknis Kawasan Rumah Pangan Lestari dan Pengaruhnya terhadap Pengetahuan Lingkungan Sikap Peduli Lingkungan Perilaku Peduli Lingkungan Santri Pondok Pesantren di Ponorogo. Tesis Jurusan Pendidikan Biologi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Hj. Mimien Henie Irawati Al-Muhdhar M.S. (II) Dr. Istamar Syamsuri M.Pd. Kata kunci buku petunjuk teknis kawasan rumah pangan lestari pengetahuan lingkungan sikap peduli lingkungan perilaku peduli lingkungan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) merupakan salah satu program Kementerian Pertanian untuk mengoptimalkan lahan pekarangan yang ramah lingkungan dalam suatu kawasan. Sasaran yang ingin dicapai KRPL ini yaitu berkembangnya kemampuan keluarga dan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pangan dan gizi secara lestari menuju keluarga dan masyarakat yang mandiri dan sejahtera. Sosialisasi program KRPL pada masyarakat dapat melalui jalur formal dan jalur informal. Jalur formal dapat melalui pengintergrasian program KRPL pada kurikulum sekolah sedangkan jalur informal melalui sosialisasi dan pelatihan KRPL di masyarakat dan pesantren. Sosialisasi KRPL dapat dibantu dengan penggunaan media antara lain video booklet komik modul dna buku petunjuk teknis. Tujuan penelitian dan pengembangan ini yaitu menyusun buku petunjuk teknis Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) untuk pesantren dengan mengeadopsi model pengembangan ADDIE dan menguji validitasnya. Uji efektifitas buku petunjuk teknis KRPL untuk mengetahui pengaruh buku petunjuk teknis KRPL terhadap pengetahuan lingkungan sikap peduli lingkungan dan perilaku peduli lingkungan. Hasil penilaian dari ahli materi diperoleh persentase sebesar 83 5% dengan kategori valid rerata penilaian ahli media sebesar 96 30% dengan kategori sangat valid penilaian praktisi lingkungan sebesar 87 57% dengan kategori sangat valid. Rerata uji keterbacaan (kepraktisan) terhadap 10 santri sebesar 80 9 % dengan kategori valid. Berdasarkan hasil penilaian dari validator dan uji keterbacaan santri maka buku petunjuk teknis KRPL yang dikembangkan termasuk kategori layak dan dapat digunakan sebagai pedoman implementasi KRPL di lapangan. Uji efektivitas buku petunjuk teknis untuk mengetahui pengaruhnya terhadap pengetahuan lingkungan sikap peduli lingkungan dan perilaku peduli lingkungan dilakukan melalui eksperimen semu terhadap 21 santri Pondok Pesantren Walisongo Ngabar Ponorogo dan 23 santri Pondok Pesantren Darut Taqwa. Data hasil impelemntasi dianalisis mengguakan anakova dan Quade s rank analysisi of covariance. Hasil uji efektifitas dapat diketahui sebagai berikut. (1) Tidak ada perbedaan nilai pengetahuan lingkungan antara santri yang menggunakan buku petunjuk teknis KRPL dan slide power point KRPL (2) Ada perbedaan nilai sikap peduli lingkungan antara santri yang menggunakan buku petunjuk teknis KRPL dan santri yang menggunakan slide power point KRPL dan (3) Tidak ada perbedaan nilai perilaku peduli lingkungan antara santri yang menggunakan buku petunjuk teknis KRPL dengan santri yang menggunakan slide power point KRPL. Saran untuk penelitian selanjutnya sebaai berikut. (1) Materi KRPL pada buku petunjuk teknis yang dikembangkan masih terbatas sehingga perlu ditambahkan materi lain seperti pengolahan hasil pertanian organik peternakan organik dan perikanan organik (2) Desain buku petunjuk teknis lebih kreatif dan inovatif agar memotivasi santri untuk membacanya (3) Ditambahkan contoh perilaku peduli lingkungan pada setiap akhir pembahasan setiap indikator KRPL agar santri termotivasi untuk berperilaku seperti pada contoh tersebut dan (4) Buku petunjuk teknis perlu dikembangkan lagi dalam bentuk video atau media interaktif agar lebih menarik dan memotivasi santri. ABSTRACT Pramitasari Diana Hesti. 2017. Development of Technical Guidance Book for Sustainable Food House Regional Program (SFHRP) and Its Influence on Environmental Knowledge Environmental Awareness Pro-Environmental Behavior of Islamic Boarding School in Ponorogo. Master s Thesis Education of Biology Postgraduate Program State University of Malang. Advisors (I) Prof. Dr. Hj. Mimien Henie Irawati Al-Muhdhar M.S. (II) Dr. Istamar Syamsuri M.Pd. Keywords techincal guidance book sustainable food house regional program environmental knowledge environmental awareness pro-environmental behaviour. Sustainable Food House Regional Program (SFHRP) is one of the Ministry of Agriculture s programs to optimize the environmentally friendly yard in a region. The objective of this SFHRP is the development of the ability of families and communities to meet the needs of food and nutrition sustainably to families and communities that are independent and prosperous. Socialization of SFHRP program to the community can be through formal and informal channels. The formal path can be through the integration of the SFHRP program into the school curriculum while the informal path through socialization and training of KRPL in the community and islamic boarding school. SFHRP socializa tion can be assisted by the use of media such as videos booklets comics modules and technical guidance book. The purpose of this research and development is to compile a technical guidance book of SFHRP for Islamic Boarding School in Ponorogo by adopting the model of ADDIE development and testing its validity. Test the effectiveness of the SFHRP technical guidance to determine the effect of the SFHRP technical guidance on environmental knowledge environmental awareness and pro-environmental behavior. The results of the assessment of material experts obtained a percentage of 83 5% with the category is valid the average assessment of media experts for 96.30% with the category is very valid environmental practitioners assessment of 87.57% with the category is very valid. The average of legibility test (practicality) to 10 students is 80 9% with valid category. Based on the results of the validator and students readability assessment the developed SFHRP technical guidance are categorized as feasible and can be used as guidelines for the implementation of SFHRP in the field. The effectiveness test of technical guidance book to know its influence to environmental knowledge environmental awareness and pro-environmental behavior is done through a false experiment on 21 students of Islamic Boarding School Walisongo Ngabar Ponorogo and 23 students of Islamic Boarding School Darut Taqwa Pesantren. Data on impelemtation results were analyzed using anakova and Quade s rank analysis of covariance. The results of the effectiveness test can be known as follows. (1) There is no difference in the value of environmental knowledge between the students using the SFHRP technical guidance and the SFHRP power point slide (2) There is a difference in the santri s environmental awareness using the technical guidance of SFHRP and students using the power point slides and (3) There is no difference in the value of student s pro-environmental behavior using the SFHRP technical guidance with students using the SFHRP power point slide. Suggestions for further research are as follows. (1) The SFHRP material in the developed technical guidance is still limited so it needs to add other materials such as processing of organic farming organic farming and organic fishery (2) Designing technical guidance more creative and innovative in order to motivate students to read them (3) Added an example of pro-environmental behavior at the end of each SFHRP indicator for santri motivated to behave as in the example and (4) Technical manuals need to be developed in the form of video or interactive media to be more interesting and motivating students.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Jul 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/60723 |
Actions (login required)
View Item |