Pengembangan modul matakuliah metodologi penelitian pendidikan berbasis PBL disertai teknik mencatat dengan peta pikiran untuk memberdayakan ketrampilan berpikir kreatif mahasiswa calon guru biologi Universitas Negeri Malang / Fatimah Nurmala Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul matakuliah metodologi penelitian pendidikan berbasis PBL disertai teknik mencatat dengan peta pikiran untuk memberdayakan ketrampilan berpikir kreatif mahasiswa calon guru biologi Universitas Negeri Malang / Fatimah Nurmala Sari

Sari, Fatimah Nurmala (2017) Pengembangan modul matakuliah metodologi penelitian pendidikan berbasis PBL disertai teknik mencatat dengan peta pikiran untuk memberdayakan ketrampilan berpikir kreatif mahasiswa calon guru biologi Universitas Negeri Malang / Fatimah Nurmala Sari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sari Fatimah Nurmala. 2017. Pengembangan Modul Matakuliah Penelitian Pendidikan Berbasis PBL (Problem Based Learning) Disertai Teknik Mencatat dengan Peta Pikiran Untuk Memberdayakan Keterampilan Berpikir Kreatif Mahasiswa Calon Guru Biologi Melalui Lesson Study. Tesis. Jurusan Pendidikan Biologi Program Pascasarjana Universitas Negeri -Malang. Pembimbing (I) Prof. Herawati Susilo M. Sc. PhD. Pembimbing (II) Dr. Betty Lukiati M.S. Kata Kunci Modul PBL Peta Pikiran Berpikir Kreatif Lesson Study. Berdasarkan hasil observasi terkait pembelajaran di kelas Metodologi Penelitian Pendidikan diketahui bahwa perlu dilakukan peningkatan kualitas pembelajaran untuk mengembangkan seluruh indikator keterampilan berpikir kreatif yaitu berpikir lancar luwes orisinil dan terperinci selain itu juga perlu mengoptimalkan pembelajaran diskusi yang melibatkan seluruh mahasiswa secara aktif. Model pembelajaran yang dapat digunakan untuk memberdayakan keterampilan berpikir kreatif dan bekerjasama secara kolaboratif adalah model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning). Pemberdayaan keterampilan ini juga dioptimalkan dengan membuat catatan dalam bentuk peta pikiran. Salah satu kegiatan yang dapat diadopsi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas adalah melalui penerapan lesson study. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan modul matakuliah Metodologi Penelitian Pendidikan yang berbasis PBL disertai dengan teknik mencatat dengan peta pikiran untuk memberdayakan keterampilan berpikir kreatif mahasiswa calon guru Biologi Universitas Negeri Malang. Model pengembangan yang digunakan adalah model Borg Gall (1983) yang telah disesuaikan dengan kebutuhan penelitian tanpa mengurangi substansi prosedur pengembangan produk. Langkah-langkahnya yaitu 1) identifikasi masalah 2) perancangan media 3) validasi ahli 4) revisi berdasarkan validasi ahli 5) uji coba skala terbatas 6) revisi berdasarkan uji coba skala terbatas 7) uji coba skala luas dan 8) revisi berdasarkan uji coba skala luas (menghasilkan produk final). Hasil analisis menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan dinyatakan sangat valid atau layak digunakan dengan perhitungan ahli materi yaitu 83% ahli media yaitu 84% dan hasil uji coba skala terbatas yaitu 82%. N-Gain yang diperoleh dari penelitian dan pengembangan ini adalah 0 68 yang menunjukkan bahwa peningkatan keterampilan berpikir kreatif mahasiswa sebelum dan sesudah melakukan pembelajaran dengan modul yang telah dikembangkan berkategori sedang. Perolehan skor peta pikiran mahasiswa yaitu 106 (materi PTK) 106 (materi Deskriptif) 120 (materi penelitian ex post facto) 130 (materi penelitian eksperimental) dan 140 (materi penelitian dan pengembangan) yang berkriteria sangat tinggi. Berdasarkan analisis keterlasksanaan lesson study yang dilakukan sebanyak lima kali open class diketahui bahwa rerata keterlaksanaannya mengelami peningkatan yaitu 89% 96% 98 92% 100% dan 100%. Peningkatan tersebut menunjukkan bahwa telah dilakukan perbaikan kualitas pembelajaran dengan kegiatan ini. Saran pemanfaatan dari modul yang dikembangkan adalah sebaiknya digunakan sesuai dengan sintaks pembelajaran berbasis masalah dan dosen berperan aktif untuk memotivasi dan memantau mahasiswa sehingga pembelajaran dapat berlangsung efektif dan terarah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60720

Actions (login required)

View Item View Item