Penerapan pembelajaran model murder untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelasa V SDN Arjosari 3 Kecamatan Blimbing Kota Malang / Khusnul Khotimah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran model murder untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelasa V SDN Arjosari 3 Kecamatan Blimbing Kota Malang / Khusnul Khotimah

Khotimah, Khusnul (2015) Penerapan pembelajaran model murder untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelasa V SDN Arjosari 3 Kecamatan Blimbing Kota Malang / Khusnul Khotimah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Khotimah Khusnul.2014. Penerapan Model Pembelajaran MURDER UntukMeningktakanAktivitas Dan HasilBelajar IPSKelas VSDN Arjosari 3 KecamatanBlimbing Kota Malang.Skripsi.Jurusan KSDP FakultasIlmuPendidikan UniversitaNegeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Hj. Sri Sugiharti M.Pd. (II) Dra.Hj.Murtiningsih.M.Pd. Kata Kunci Pembelajaran MURDER AktivitasBelajar HasilBelajar IPS SD. Kenyataan yang adadilapanganmenunjukkanbahwakegiatanpembelajaranmemangkurangmelibatkansiswa.Kurangnyaketeribatansiswadalampembelajaranmenyebabkanpengembangankemampuansiswabaikdalamaspekkognitif afektif maupunpsikomotormenjaditerhambat.Berdasarkanhasilpengamatanawal yang dilakukanolehpeneliti diketahuibahwasiswakelas V berjumlah 29 orang tidakberkonsentrasidalmbelajar. Siswaterlihatbosansaatpembelajaranberlangsung siswamengobroldengansiswalain dantidakmerespondengansiswalain dantidakmeresponpertanyaandari guru yang mengakibatkanhasilbelajarsiswa semester 1 kurangmaksimal. Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanpenerapan model pembelajaranMURDER mendeskripsikanAktivitasbelajarsiswa danmendeskripsikanhasilbelajarsiswapadamatapelajaran IPS di kelas V SDN Arjosari 3 KecamatanBlimbing Kota Malang. Penelitianinimenggunakan model MURDER ((Mood Understand Recall Detect Elaborate Review). Rancanganpenelitian PTK (PenelitianTindakanKelas).Kegiatandimulaidaritahap (1) Merumuskanmasalah (2) Menyusuninstrumen (3) pengumpulan data (4) Mengklasifikasi data (6) Menganalisisdan(7) Menarikkesimpulan. HasilpenelitianinimenunjukkanPenerapan model MURDER padapembelajaran IPS kelas V di SDN Arjosari 3 Kota Malang telahdilaksanakandenganbaikdantepat.Baik guru maupunsiswatelahmelaksanakan model MURDER inimulaidarisiklus I sampaisiklus II. Terbuktidarihasilobservasi aktivitas guru dansiswa yang mengalamipeningkatanpadatiappertemuan.Penerapan model MURDER padapembelajaran IPS kelas V di SDN Arjosari 3 Kota Malang dapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.Hal inidibuktikandenganadanyaperolehan rata-rata hasilbelajarsiswadanketuntasanbelajarklasikal yang meningkathinggalebihdari 70%. Berdasarkanhasiltersebutdiperolehkesimpulanmateri yang adasudahsesuaidengankurikulum 2013 keterpaduanmatapelajaran rata-rata sudahmenggabungkanlebihdaritigamatapelajaran. HarapanPeneliti guru diharapkandapatmenciptakanvariasipembelajaran sehinggasiswaantusiasdalammengikutipelajaran guru dapatmenggunakanpembelajaran MURDER padamateripokok yang lainuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswapadapembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6072

Actions (login required)

View Item View Item